DONOR DARAH RAPP KUMPULKAN 152 KANTONG DARAH Selama 2009 terkumpul 440 kantong atau 147.500 cc darah.

642 views
news11135PEKANBARU (RiauInfo) – Dengan tema ‘Setetes Darah Anda Sangat Bermanfaat Bagi Orang Lain” Keluarga Donor Darah PT.Riau Andalan Pulp and Paper (KDD-RAPP) bekerjasama dengan Unit Transfusi Darah Cabang Palang Merah Indonesia (UTDC-PMI) Pekanbaru melakukan kegiatan donor darah yang ke-22.

Kegiatan yang berlangsung di Hotel Unigraha komplek RAPP Pangkalan Kerinci ini berhasil mengumpulkan sebanyak 152 kantong sebanyak 46.700 cc darah dari berbagai golongan.

Menurut Ketua KDD-RAPP Ermansyah, dari 152 kantong darah yang terkumpul tersebut, sebanyak 65 kantong (16.250cc) disalurkan ke PMI Pelalawan sisanya 87 kantong (30.450cc) untuk PMI Pekanbaru. Pada awalnya ada 164 orang yang telah mendaftarkan dirinya untuk menjadi donor, namun setelah dilakukan pemeriksaan kesehatan hanya 152 orang yang layak untuk mendonorkan darahnya, ujar Ermansyah.

“Pada tahun 2009 ini kegiatan donor darah KDD PT.RAPP melalui tiga kali donor darah telah mengumpulkan 440 kantong dengan atau sama dengan 147.500 cc darah. Ini tidak terlepas dari dukungan perusahaan dan kontraktor beserta karyawan di lingkungan RAPP, juga partisipasi karyawan Asian Agri” sambung Ermansyah.

Dr.Dian dari UTDC-PMI menyampaikan apresiasi yang besar kepada KDD PT.RAPP, karena mampu memfasilitasi dan menghimpun pendonor dalam satu wadah sehingga aksi sosial ini berkesinambungan dan rutin setiap tahunnya. Dian juga berharap akan semakin banyak karyawan dan warga yang mau mendonorkan darah ke PMI.

Dian menjelaskan, banyak manfaat yang didapat dari kegiatan donor darah, selain akan membantu orang yang membutuhkan transfuse darah. Keuntungan langsung yang didapat oleh pendonor yaitu tubuh kita akan langsung menghasilkan darah baru sehingga metabolisme tubuh menjadi lebih baik.

Selain itu, akan meringankan kerja organ ginjal dan hati karena darah yang telah digunakan di tubuh kita dimusnahkan oleh ginjal dan hati dan dikelurkan dalam bentuk urin dan lain lain, tutup Dian.(ad/rls)

Posting Terkait