DKR Canangkan Juni, Hut ke-66 Sutardji

680 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Ketua Dewan Kesenian Riau (DKR), Drs Edi Ahmad RM mencanangkan Juni 2007 ini adalah sebagai hari jadi Presiden Penyair Indonesia, Sutardji Calzoum Bachri. Pelapor puisi mantra ini akan hadir pada acara Pengukuhan Pengurus Dewan Kesenian Riau (DKR) periode 2007-2012 bertempat di Hotel Sahid, Pekanbaru, Jumat (22/6) malam. 

Dalam acara pengukuhan DKR ini akan diundang seluruh seniman di Riau, tokoh masyarakat hingga sampai kepada orang nomor satu di Riau yakni HM Rusli Zainal SE.MP. Acara pengukuhan ini langsung dihadiri Gubernur Riau, sebagai pembuka mukadimah. Dan dilanjutkan dengan acara seremonial yang lainnya seperti pertunjukan tari yang dipersembahkan Seniman Pemangku Negeri (SPN).

“Saya kenal betul siapa Sutardji. Dialah satu-satunya orang yang mengembangkan kehidupan Melayu di Jakarta. Dia mempunyai komitmen yang jelas untuk mengangkat visi Riau 2020 ke pentas Nasional,” Ujar Edi Ahmad RM kepada RiauInfo, di Kantor DKR, Rabu (20/6).

Terangnya lagi, saat ini DKR mempunyai misi yang sangat berbeda di tahun-tahun sebelumnya untuk dapat mengangkat visi Riau tahun 2020 mendatang. Salah satu contoh melalui edukasi pendidikan dan pariwisata dapat mengangkat marwah Melayu di Riau.

“Terkait masalah dana. Memang ada, tapi tidak dikelola secara profesional. Kita tak dapat sama sekali. Inikan sangat paradok. Ya, kalau masalah ekonomi semuanya dapat anggaran,” keluhnya.

Lain halnya lagi, DKR tersebar di 11 Kabupaten/Kota. Tetapi 50 persen saja yang aktif saat-saat ini. “Karena kita ingin memberikan apreasiasi yang berbeda
untuk mengangkat visi Riau 2020,” katanya.

Tiga daerah yang kegiatan seninya aktif adalah Bengkalis, Indragiri Hilir dan Kabupaten Siak. Dan Kabupaten yang lainnya mati suri yakni Pekanbaru, Rokan Hulu, Rokan Hilir dan Kabupaten Kuansing. “Saya akui saat-saat ini sosialisasi kita ke daerah sangat kurang,” tutupnya. (dowi)



Posting Terkait