Djonny : Riau Butuh Lembaga Pendidikan Perfilman

PEKANBARU (RiauInfo) – Menyatukan dan menumbuhkan kreatifitas perfilman daerah perlu suatu wadah yang bisa menampung apresiasi dari seniman perfilman yang ada di daerah. Selain memberikan pendidikan sinema atau videogrhapi, kehadiran wadah yang berbasis pendidikan perfilman di daerah mesti didukung oleh pemerintah dan pihak terkait lainnya.

“Di Riau sangat banyak potensi untuk diangkat ke dunia film. Namun produksi film membutuhkan dukungan finansial dan moral. Secara teknis tenaga kerja yang handal dengan SDM yang profesional sangat penting dalam produksi perfilman,”ujar H. Djonny Syafruddin selaku ketua komisi B di Badan Pertimbangan Perfilman Nasional (BPPN), Selasa (22/01) di Pekanbaru.

Menurut Djonny, jika pelaku perfilman di Riau tidak berkumpul dan saling mengisi, maka dunia perfilman negeri Lancang Kuning ini akan berjalan lamban, bahkan akan mengalami kemundudran. “Jika memang hendak melahirkan karya sinema dari daerah, perlu suatu badan atau lembaga yang akan mengumpulkan para peminat atau orang berbakat sineas di Riau ini,”terang Djonny di acara Rapat Koordinasi Kebijakan Perfilaman Daerah di Pekanbaru.

Sementara itu, Joni Irwan selaku kepala Dinas Budaya Seni dan Pariwisata (Disbudsenipar) Riau menagatakan, dengan pengalaman dari penyelenggaraan FFI 2007 di Riau, maka telah terasa hasilnya bagi gairah perfilaman di daerah. “Melihat antusias masyarakat di acara FFI 2007 di Pekanbaru, kita bisa mendapat masukan bahwa gairah perfilman di Riau sangat besar untuk melahirkan para sineas ke depan,”ujar Joni.

Sambutan untuk melahirkan insan film di Riau menagrah kepada lembaga pendidikan seni di Riau yang kini disandang oleh Akademi Kesenian Melayu Riau (AKMR).

“Kebutuhan wadah perkumpulan yang akan menyatukan para sineas di Riau ini tinggal meneruskannya ke AKMR seperti yang telah dilakukan oleh STSI (Sekolah Tinggi Seni Indonesi-red) Padangpanjang, Sumatera Barat dengan membuka fakultas Perfilman di kampus tersebut,”sebut Djonny Syafruddin mengakhiri sesi penerangannya.(Surya)

 

Rizki: