DITENGAH SUBURNYA PELUANG HUJAN… Karhutla Tumbuh Lagi di Provinsi Riau

652 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Meski peluang hujan tergolong subur di wilayah Provinsi Riau, sejumlah daerah Riau masih mengalami kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Selasa (27/01/2009) ini. Bahkan hanya Provinsi Riau tercatat yang mempunyai Karhutla di wilayah Pulau Sumatera hari ini. Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Stasiun Pekanbaru melaporkan hasil rekaman satelit NOAA 18 mencatat Karhutla menyala di dua daerah Provinsi Riau. 

Staf analisa Warih mewakili Kepala BMG Pekanbaru Blucer Dolog Saribu sebagai anggota Pusdalkarhutla Riau mengatakan, satelit National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) 18 mendapatkan 3 titik Karhutla menyala di wilayah kabupaten Bengkalis.

Tidak ketinggalan wilayah Kabupaten Siak dengan satu titik api. Sehingga, jumlah kebakaran hutan dan lahan menjadi genap 4 titik di wilayah Provinsi Riau hari ini. Padahal, BMG Pekanbaru membaca gejala hujan hampir merata terjadi di wilayah Provinsi Riau hari ini. Namun hujan umumnya hanya berintensitas ringan hingga intensitas ringan.

“Umumnya peluang hujan ringan hampir merata terjadi di wilayah Provinsi Riau. Peluang hujan ringan terjadi pada siang, sore atau malam hari dan kebanyakan bersifat lokal dalam waktu yang relatif singkat dan silih berganti,”terang Warih kepada RiauInfo di Pekanbaru.(Surya)

 

Posting Terkait