Disnaker Diminta Prioritaskan Pencaker Lokal

605 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Job Expo atau Bursa Tenaga Kerja yang dilaksanakan oleh Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Pekanbaru seharunya lebih memprioritaskan pencari kerja (pencaker) yang memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Kota Pekanbaru.

Karena menurut Wakil Ketua Komisi III Bidang Kesra dan SDM DPRD Kota Pekanbaru, Susi Herlinda, Selasa (10/6) di Balai Payung Sekaki, job expo yang dilakukan oleh Disnaker Kota Pekanbaru baik yang lalu maupun baru-baru ini, belum tentu diikuti oleh pencari kerja yang hanya berasal kota Pekanbaru saja.

”Pekanbaru merupakan Ibu Kota Provinsi Riau, jadi kemungkinan ribuan yang ikut bursa kerja tersebut adalah para pencari kerja dari Kabupaten/ Kota yang ada di Provinsi Riau. Karena para pencari kerja tentu memilih datang ke kota Pekanbaru yang peluang cukup banyak dan cukup besar untuk bekerja, ketimbang mencari kerja di daerahnya yang minim kesempatan kerja,” jelas Susi Herlinda.

Untuk itu, anggota DPRD Pekanbaru dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) ini meminta agar Disnaker melakukan survey untuk mengetahui berapa jumlah pencari kerja yang masih menganggung dan murni berasal dari kota Pekanbaru. Sehingga, dari hasil survey tersebut, Disnaker dapat lebih mengedepankan para pencari kerja yang berasal dari kota Pekanbaru dan masih menganggur.

”Kita membuka bursa kerja ini untuk mengurangi jumlah pengangguran di kota Pekanbaru, tapi jika semua kabupatan/ Kota masuk, tentu peluang bagi pencari kerja dari kota Pekanbaru akan semakin kecil karena mesti bersaing dengan pencari kerja dari daerah lain,” jelas Susi Herlinda terkait kegagalan Disnaker dalam menjalankan job expo untuk pencari kerja kota Pekanbaru.

Karena ternyata, job expo yang dilaksanakan sama sekali tidak mengurangi jumlah pencari kerja yang ada di kota Bertuah ini.

Untuk itu, Susi berharap, untuk masa yang akan datang, Disnaker Pekanbaru dalam melaksanakan Job Expo harus ada keterbatasan. Tidak dibuka secara umum, sehingga pencari kerja dari daerah lainpun dapat ikut pada bursa kerja tersebut.

”Seperti yang saya katakan tadi, jika Bursa Kerja diadakan oleh Pekanbaru, maka pencari kerja yang ikut dalam bursa tersebut haruslah mencari kerja yang berasa dari kota Pekanbaru dengan bukti memiliki KTP Pekanbaru,” harapnya. (muchtiar)

Posting Terkait