Diskominfo PDE Riau Gelar Sosialisasi Penyimpanan Jaringan Integrasi

806 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Guna mensosialisasikan penggunaan drive riau.go.id yang telah dibangun Dinas Komunikasi Informatika dan PDE Riau, Senin (24/11) hingga Selasa (26/11) digelar Sosialisasi Penyimpanan Sistem Jaringan Integrasi Open Souce se-Riau yang dilaksanakan di Hotel Winstar, Pekanbaru.

Acara tersebut dibuka Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Pengolahan Data Elektronik Riau, H Ahmad Syah Harrofie diwakili Kabid Aplikasi dan Informatika Ikhwan Ridwan, Senin (25/11). Dalam kesempatan ini disebutkan akhir-akhir ini media penyimpanan online di internet mengalami peningkatan yang sangat dratis.

Peningkatan itu baik dari segi pengguna maupun dari pihak pengembangnya, dari semula hanya beberapa saja sampai sekarang bisa ditemui di internet hampir semua media hosting yang memiliki layanan penyimpanan gartis.

Kesemua itu memberikan layanan penyimpanan yang gartis dan berbayar. Online storage atau penyimpanan data online yang berkembang saat ini cukup beragam namun pada umumnya konsep-konsep dasar masing-masiong Online Storage ini sama.

“Di satu sisi pengguna diberikan keuntungan karena dapat menggunakan space yang disediakan secara garis namun di sisi lain data yang disimpan bukan tidak mungkin dimanfaatkan dan digunakan untuk hal-hal yang negatif,” jelasnya.

Berdasarkan hal itulah, maka dibuat media penyimpanan online untuk pemerintah Provinsi Riau dan yang akan digunakan oleh seluruh satker baik di kabupaten/kota, maupun oleh dinas, badan, biro di lingkungan Pemprov Riau, dimana servernya dikelola oleh Dinas Komunikasi dan Infprmasi dan Pengolahan Data Elektronika Riau.

Untuk mendukung aktivitas tersebut, maka diadakan Sosialisasi Penyimpanan Sistem Jaringan Integrasi Open Source se-Provinsi Riau. “Kita tentunya berharap sosialisasi ini ak,an bermanfaat banyak bagi kita semua,” ungkapnya.

Sebelumnya Panitia Sosialisasi, Deddi Hasfarizal S.Kom menyebutkan peserta sosialisasi ini sebanyak 100 orang yang terdiri dari 1 orang eselon IV, dan 1 orang tenaga teknis yang mengelola Data dari tiap-tiap instansi pemerintah kabupaten/kota dan SKPD di lingkungan Pemprov Riau.(ad)

Posting Terkait