Diskes Pekanbaru Mengadakan Pelatihan Kesehatan Kerja

626 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru mengadakan seminar Sosialisasi Lingkungan Kerja Sehat Bagi Masyarakat Pekanbaru, Selasa, (19/6) di hotel Mutiara Merdeka Pekanbaru. Sejumlah 300 lebih perwakilan kecamatan se Pekanbaru menghadiri seminar tersebut.


Seminar ini sebelumnya, Senin (18/6), telah diikuti oleh para pengusaha indutri kecil dan menegah se Kota Pekanbaru. Kasubdin Kesehatan Keluarga, Diskes Pekanbaru, Dr. Abner MSi mengatakan, pelaksanaan acara ini akan mewujudkan kepedulian warga dalam kesehatan baik dilingkungan kerja maupun lingkungan sekitarnya.

Abner menerangkan, umumnya kesehatan kerja di lingkungan suatu industeri sering terabaikan oleh pelaku usaha. Pelaku usaha lingkungan informal memiliki tingkat resiko gangguan kesehatan yang tinggi karena pengathuan dan keterampilan pelaku yang terbatas.

Bahasan hari ini, menekankan pada warga sekitar lingkungan usaha tersebut berlangsung. Sehingga, lanjut Abner, terjadi persamaan persepsi antar pelaku usaha denganwarga sekitar industeri atas kesehatan lingkungan kerja dan area sekitarnya.

Dari 300 lebih undangan terlihat umumnya kaum ibu rumah tangga. Sebagai nara sumber Kasubdis Bina Ekonomi Departemen Kesehatan RI, Dr. Sabbartini Nadzir, menyampaikan, perlu adanya kesiapan Ibu Rumah Tangga (IRT) atas kesehatan di lingkungannya

“Setiap kegiatan apapun mengandung resiko tertentu,. Namun ada resiko yang lebih berat terhadap kesehatan diri di lingkungan sekitar, apalagi lingkungan kerja industeri,’ ujar Sabbartini.

Acara ini bertujuan melahirkan kader kesehatan di setiap lurah di lingkungan masing-masing. ‘Melalui kader ini, kita harap makin meningkatnya tingkat kesehatan kerja, baik lingkungan pekerja maupun di lingkungan warga,” ujar Abner (Surya)

 

Posting Terkait