DISDUK CAPIL OPTIMIS… Scanning Tandatangan Akan Berlaku Sesuai Instruksi Pusat

597 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Tandatangan Kepala Dinas Penduduk dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru akan dilakukan dengan motode scanner untuk KTP dan KK warga. Gagasan itu menunggu kedatangan Dirjen Administrasi Kependudukan (Dirminduk) yang akan datang akhir bulan ini ke Pekanbaru. Metode scanner dinilai efektif dan efisien untuk mempercepat proses pengurusan KTP dan KK. 

“Gagasan itu perlu persetujuan dari pusat (Dirminduk-red). Karena sistim itu telah menjadi kebutuhan yang harus dilakukan demi pelayanan kepada warga. Namun kita masih menunggu hasil kunjungan Dirminduk pada kahir bulan ini,”ungkap Kepala Disdukcapil Kota Pekanbaru, M.Noer MBS.

M.Noer mengatakan, Disdukcapil Kota Pekanbaru sendiri sudah jauh-jauh hari mempunyai fasilitas dan tenaga SDM untuk melakukan sistim scanning tanda tangan tersebut. Untuk keamanan data, maka Disduk akan memberlakukan sisitim scanning itu hanya di kantor Disdukcapil saja.

“Dari pengalaman sejumlah daerah di luar Riau, sistim scanning tanda tangan di setiap kecamatan sangat rawan pemalsuan KTP dan KK. Makanya kita akan melakukan sisitim itu hanya di Disdukcapil saja nantinya,”ungkap M.Noer MBS.

Namun, Kepala Disdukcapil Kota Pekanbaru yang telah menandatangani ribuan kartu tanda penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) itu mengaku optimis sistim itu akan menjadi solusi terbaik demi pelayanan prima kepada warga.(Surya)

Posting Terkait