Disdik Proses Semua Temuan Terkait UN

560 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Dinas Pendidikan akan menindak lanjuti temuan-temuan yang ada pada saat pelaksanaan Ujian Nasional (UN), baik yang berhubungan dengan dugaan kebocoran soal ataupun yang berkenaan dengan kerusakan soal akibat kesalahan teknis dipercetakan.


Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Riau Prof Dr Ir H Irwan Effendi MSc menyatakan hal tersebut, Jumat (26/03/10). Menurut Irwan, segala bentuk temuan atau kendala pada pelaksanaan UN di Riau akan dijadikan masukan bagi Disdik untuk pelaksanaan UN di tahun mendatang.

“Kita ingin setiap tahunnya pelaksanaan UN ini bisa berjalan dengan lebih baik dari pada tahun sebelumnya. Dengan demikian kita akan melakukan evaluasi terhadap kendala-kendala atau persoalan yang timbul pada pelaksanaan UN tahun ini,” katanya.

Irwan menambahkan, persoalan-persoalan seperti adanya kesalahan pada pencetakan soal, dan juga adanya terjadi kesalahan pada bungkus soal sehingga sekolah yang menerimanya harus meng-copy soal, dan juga adanya soal yang kabur akan turut menjadi perhatian Disdik.

Ia menjelaskan, terhadap kerusakan soal dan kesalahan sampul dengan isi soal bukan menjadi tanggungjawab Disdik sepenuhnya. Hal tersebut lebih kepada tanggungjawab percetakan sebagai rekanan yang memenangkan tender untuk mencetak soal. Karena kita tidak bisa ikut campur dalam hal ini, di percetakan pegawai Disdik tidak boleh ada disana, jadi kalau memang banyak dijumpai kesalahan seperti itu, berarti itu adalah kelalaian petugas percetakan, ungkapnya.

Namun demikian, Irwan menyebutkan kalau pelaksanaan UN SMA/MA/SMALB dan SMK, yang baru saja usai berjalan dengan baik dan lancar dan bisa dikatakan lebih baik dari tahun lalu. Secara keseluruhan kita menilai pelaksanaan UN lima hari ini sudah berjalan dengan baik dan lancar, tukasnya.(Diskominfo-pde)

Posting Terkait