Dirut PDAM Sebaiknya Dipecat, Ganti Putra Daerah

PEKANBARU (RiauInfo) – Belum hadirnya Direktur Utama PDAM Kemas Sjamsul Komar, berarti sudah satu bulan lebih abses dari pekerjaan. Seiring dengan ini, banyak spekulasi yang menyebutkan Dirut baru duduk beberapa bulan lalu mau mengundurkan diri. Tidak jelas, asal usulnya. Yang hingga sekarang Dirut PDAM itu belum bisa dikonfirmasi. 

Menanggapi ketidakhadiran selama satu bulan lebih itu, Ketua Komisi I Sondia Warman mengharapkan kepada Pemko Pekanbaru sebaiknya Dirut PDAM tersebut dipecat saja dan segera carikan pejabat sementaranya sebelum mendapat Dirut definitif.

Hal ini dikarenakan keadaan PDAM yang kian terpuruk dari berbagai masalah mulai intern yang tak kunjung selesai hingga kwalitas air. Semestinya, Dirut tersebut harus lebih memperhatikan, karena ini adalah tugas yang harus diselesaikannya, sesuai dengan tuntutan sewaktu sebelum terpilih. Karena itu sebaiknya pecat saja Dirut PDAM itu, jabatan bukan untuk main-main, ulangnya dengan nada kecewa.

Menurut Sondia, Pemko sebaiknya mencari Dirut PDAM yang berasal dari putra daerah, bukan orang luar. Karena putra daerah dinilai jauh lebih bertanggung jawab karena punya jiwa rasa memiliki terhadap daerahnya sendiri.

Menurut Sondia, putra daerah cukup banyak yang berpengalaman termasuk dalam hal ini, tapi karena terhalang salah satu persyaratan yang mengharuskan pernah bergelut di PDAM selama 20 tahun. Tapi politisi dari PAN ini yakin, jika Pemko punya niat sungguh-sungguh, tidak ada yang tak bisa, ujar Sondia saat dihubungi lewat ponselnya Kamis (23/10). (muchtiar)



Rizki: