Diprediksikan Pekanbaru Dilanda Banjir di Bulan Desember-Februari

PEKANBARU (RiauInfo) – Melihat semakin tingginya curah hujan saat ini, maka diprediksikan di wilayah Riau akan dilanda banjir pada bulan Desember 2009 dan Februari 2010 mendatang. Untuk itu, Dinas Sosial Riau telah melakukan berbagai persiapan untuk menyambut musim banjir itu.

Persiapan yang dilakukan itu antara lain dengan menyiapkan berbagai bantuan yang dibutuhkan bila banjir benar-benar terjadi, seperti bahan pangan, obat-obatan dan tenda penampungan korban banjir. “Kita telah telah melakukan persiapan untuk menghadapi banjir,” ungkap Kabid Bantuan dan Jaminan Sosial Depsos Riau, Sudirman.

Dia menyebutkan bantuan yang telah disiapkan itu antara lain beras mencapai 50 ton yang siap didistribusikan ke wilayah banjir seluruh Riau. “Begitu kami mendapatkan laporan banjir, maka bantuan tersebut akan segera didrop ke sana,” ungkapnya.

Selama ini menurut dia, kendala yang dihadapinya dalam menyalurkan bantuan pangan untuk korban banjir itu, adalah keterlambatan informasi dari kabupaten/kota. Karena itu dia berharap di masa mendatang adanya koordinasi yang baik antara kabupaten/kota dengan provinsi.

Dia juga minta masyarakat untuk waspada terhadap ancaman bencana banjir ini dengan menyiapkan tempat mengungsi di rumah-rumah yang lebih aman. Pemerintah daerah juga hendaknya menyiagakan petugas sampai ke tingkat paling rendah.(ad)

Rizki: