Diperkirakan Kebutuhan Hewan Kurban di Riau 18 Ribu Ekor

PEKANBARU (RiauInfo) – Dinas Peternakan Riau memperkirakan kebutuhan hewan kurban untuk keperluan Idul Adha mendatang sekitar 18.000 ekor. Kebutuhan itu mengalami penurunan dibandingkan Idul Adha tahun lalu yang sempat mencapai 20.000 ekor. 

Meski terjadi penurunan kebutuhan hewan kurban, namun Dinas Peternakan tetap melakukan antisipasi terhadap kesediaan hewan kurban untuk masyarakat di Riau. Sampai saat ini persediaan hewan kurban di tempat-tempat penjualan ternak di Riau mencukupi.

“Kita minta masyarakat untuk tidak khawatir akan kesulitan mendapatkan hewan kurban, sebab berdasarkan pemantauan kami persediaanya mencukupi,” ungkap Kepala Dinas Peternakan Riau, Raja Erisman di Pekanbaru. Dia mengatakan pihaknya telah memantau di 28 titik tempat penjualan hewan kurban.

Salah satu tempat penjualan hewan kurban yang dipantaunya adalah peternakan PT Riau Agro Mandiri (RAM). Disini tersedia sedikitnya .1000 ekor hewan kurban dengan harga variasi mulai dari Rp 7 juta per ekor hingga mencapai Rp 16 juta per ekor, tergantung beratnya.

Untuk hewan kurban harga Rp 7 juta merupakan sapi Bali dengan berat berkisar antara 60 hingga 80 kilogram. Sedangkan untuk hewan kurban yang harganya Rp 16 juta, biasanya sapi impor yang beratnya mencapai 600 kg. “Ada juga sapi lokal jenis sapi Bali yang harganya Rp8,5 juta,” ungkap Erisman.

Selain itu warga juga dapat membeli hewan kurban di Plaza Ternak Jalan Hangtuah Pekanbaru. Disini telah tersedia sebanyak 400 hewan kurban yang siap dipotong pada Idul Adha mendatang. “Jadi masyarakat jangan cemas, persediaan hewan kurban mencukupi,” ungkapnya.(Ad)



Rizki: