Diperkirakan Awal 2008 Sudah Bisa Difungsikan

642 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Masyarakat Riau dalam waktu tidak lama lagi akan memiliki Gedung Perpustakaan termegah di Sumatera dengan 6 lantai. Perpustakaan yang akan diberinama “Soeman HS” itu kini sedang dibangun di lahan bekas gedung DPRD Riau. 

Saat ini pembangunan gedung perpustakaan yang berasitektur cukup unik itu sudah mencapai 10 persen. Diperkirakan pembangunan gedung tersebut akan rampung pada akhir 2007 nanti, sehingga diawak tahun 2008 sudah bisa difungsikan.

Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip/BPA Riau Drs Erisman MSi dalam keterangannya Senin (5/2) di Pekanbaru mengatakan, menjelang pembangunan perpustaan itu rampung, pihaknya telah melakukan berbagai persiapan-persiapan.

Diantaranya yakni berupa persiapan sumber daya manusia atau apartur yang akan bertanggungjawab mengelola perpustakaan tersebut. “Ini sangat perlu dilakukan karena harus disesuaikan dengan kondisi gedung,” ujarnya.

Dia mencontohkan, untuk pelayanan publik harus ditempatkan orang-orang yang profesional. “Secara etika petugas tersebut harus memberikan pelayanan yang terbaik, murah senyum, ramah tamah dan lainnya,” ungkap Erisman lagi.

Selain itu, aparatur perpustakaan juga harus meningkatkan pengetahuannya, sehingga lebih siap dengan kondisi gedung megah nanti. “Perpustakaan ini nantinya akan dilengkapi peralatan canggih, jadi mereka harus bisa mengoperasikannya,” ujarnya.

Memang menurut Erisman, perpustakaan yang megah dan canggih memerlukan pengelolaan yang bermutu juga. “Tapi itu harus dilakukan agar kita tidak ketinggalan dengan daerah-daerah lainnya,” tambah dia lagi.(Ad)

Posting Terkait