Dinas PU Riau Cari Solusi Perbaikan Jalan Yos Sudarso Rumbai

PEKANBARU (RiauInfo) – Kondisi tanah yang berawa dan berambut telah membuat Jalan Yos Sudarso, Rumbai, Pekanbaru, menjadi bergelombang-gelombang. Padahal jalan tersebut baru saja diaspal ulang menjelang pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII lalu.

Menghadapi hal itu, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Riau memberikan perhatian ekstra, dan sedang mencari solusi untuk perbaikan jalan tersebut. Salah satu yang kemungkinan akan dilakukan adanya dengan menerapkan sistem jalan kaki seribu.

Sistem jalan kaki seribu ini telah berhasil diterapkan di daerah-daerah yang memiliki tekstur tanah rawa, seperti di Dumai dan beberapa lainnya. Untuk di Dumai, diterapkan di Lubuk Gaung, dimana konsepnya jembatan dibangun di atas tanah.

Dengan demikian akan lebih kokoh dalam menahan pergeseran tanah di bawahnya. “Kemungkinan sistem ini akan kita terapkan disini,” ungkap Kepala Dinas PU Provinsi Riau, SF Hariyanto, Kamis (31/10) di Pekanbaru.

Dia mengatakan dengan penerapan sistem jalan kaki seribu ini diharapkan jalan akan tahan dan tidak bergelombang-gelombang lagi. Apalagi disisi kiri dan kanan jalan akan diberi dinding beton menyetupai bendungan pondasi akses.

Untuk mengerjakan ini, menurut dia, memang dibutuhan biaya yang cukup besar, serta pengerjaan yang lama. Namun demikian pihaknya akan tetap mengusulkan perbaikan Jalan Yos Sudarso di tahun 2014 mendatang.(ad)

 

Rizki: