Dikaji Pembangunan Jembatan Meranti-Sumatera Sepanjang 14 Km

PEKANBARU (RiauInfo) – Suramadu bolehlah saat ini menjadi jembatan terpanjang di Indonesia. Namun jika nanti Jembatan Meranti-Sumatera benar-benar terealiasi, tentunya akan menggantikan kedudukannya sebagai jembatan terpanjang di Indonesia.

Pasalnya jembatan yang nantinya akan menghubungi Pulau Sumatera dengan Kepulauan Meranti itu akan memiliki panjang lebih kurang 14 km. Selain itu, jembatan tersebut sendiri akan menghubungkan empat pulau besar di Kabupetan Meranti dengan pulau Sumatera.

Pembangunan Jembatan Meranti-Sumatera ini masih dalam tahap wacana yang tertuang dalam salah satu rekomendasi yang disosialisasikan Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Riau hari ini. Dalam penelitian tersebut disebutkan bahwa keberadaan jembatan itu bisa mengangkat perekonomian wilayah yang baru dimekarkan itu.

Kepada Balitbang Riau Dr Ir Achmad Helmi mengatakan wacana pembangunan jembatan Meranti-Sumatera itu menjadio salah satu yang direkomendasi dari hasil penelitian terhadap Otonomi Daerah terhadap Kabupaten Meranti. “Jembatan itu panjangnya mencapai 14 kilometer,” ungkap dia lagi.(ad)

Rizki: