Digelar Pameran Khusus Koleksi Wadah

898 views

Pekanbaru – Museum Daerah Riau “Sang Nila Utama” menggelar pameran khusus berupa koleksi wadah yang terbuat dari berbagai macam antara lain dari logam, tanah liat, rotan, bambu, daun, silica dan sebagainya.


Kepala Museum Sang Nila Utama Asmawati Abza yang ditemui Riauinfo usai pembukaan acara mengungkapkan, kegiatan yang digelar sampai tanggal 30 Desember ini menampilkan 85 koleksi wadah.

Ia mengatakan, menurut kamus Bahasa Indonesia, wadah itu mempunyai arti tempat untuk menaruh atau menyimpan sesuatu. Wadah yang dipamerkan ini adalah benda yang memiliki dimensi yang dapat dihitung volumenya atau memiliki kubikasi serta dalam kurun waktu tertentu.

Pameran khusus ini sudah digelar untuk yang kedua kalinya sebelumnya pameran serupa sudah dilakukan akan tetapi pameran khusus dengan benda yang dipamerkan lain.

Di Indonesia penggunaan wadah dikenal pada masa Neolitik, hal ini dibuktikan dengan temuan gerabah. Berkembangnya teknologi gerabah beriringan dengan perkembangan teknologi pertanian yang sederhana.

Pada perkembangan kehidupan manusia selanjutnya, wadah tidak hanya digunakan untuk keperluan sehari-hari, ada juga beberapa jenis wadah yang digunakan untuk kepentingan upacara adat, contohnya seperti upacara perkawinan, sunatan dan sebagainya.

Koleksi-kolek wadah yang dipamerkan diantaranya tepak sirih yang digunakan sebagai tempat penyimpan daun sirih, kapur, gambir dan pinang serta katunggu (wadah tempat menyimpan bumbu dapur).

Posting Terkait