DIDUKUNG PEMERINTAH PROVINSI RIAU DAN PTPN V Go Green: PWI dan Gubernur Riau Hijaukan ‘Main Stadium’

615 views
PEKANBARU (RiauInfo) – Dalam rangka Hari Pers Nasional 2011 di Provinsi Riau, PWI Cabang Riau dengan didukung oleh beberapa mitra kerja seperti PTPN V dan Dinas Pertanian Provinsi Riau melakukan penghijauan secara massal dengan menanam sekitar 7500 batang pohon yang dipusatkan di seputaran Main Stadium di Kompleks UR, Panam, Pekanbaru pada pagi hari Kamis ini (17/03).

Acara “Pencanangan Go Green” ini mendapat sambutan hangat dari Pemerintah Provinsi Riau, yang dihadiri langsung oleh Gubernur Riau HM Rusli Zainal beserta jajarannya. Gubri melakukan penanaman pohon secara simbolik yang diikuti oleh Ketua PWI, Ketua DPRD, Direksi PTPN V, dan tamu-tamu lain yang hadir.

Ketua PWI Riau Dheni Kurnia dalam laporannya menyampaikan seluruh pohon yang akan ditanam ini adalah sumbangan dari mitra kerja. “6000 batang dari PTPN V, 1000 dari Dinas Pertanian Provinsi Riau, dan 500 pohon yang tingginya 2,5m merupakan sumbangan dari Danrem”.

“Insya Allah seluruhnya akan kita tanam khusus untuk penghijauan ini dan bersama rekan-rekan lainnya akan tetap mencari keberbagai mitra kerja untuk menyumbangkan pohon, sehingga tahun 2012 nanti Main Stadium ini akan selesai kita hijaukan,” lanjut Dheni.

Sementara itu Gubernur Riau meyampaikan saat ini penghijauan sudah menjadi komitmen pemerintah. “Tiada satu perencanaan pun hari ini yang tidak memperhatikan lingkungan. Ini sudah merupakan suatu fenomena yang berskala internasional”, kata Gubri. “Hari ini penghijauan mutlak harus kita lakukan”.

“Dalam rangka PON XVIII tahun 2012, pemerintah sudah memiliki suatu tekad dan moto yaitu Green PON, yang mana bukan cuma penghijauan dengan penanaman pohon saja tetapi dalam arti yang lebih luas”, lanjut Gubri. “Ada value Green PON ini seperti kebersihan, ketertiban, keramahtamahan, dan pelestarian alam”.

Terkait pembangunan di Kota Pekanbaru yang mengorbankan pepohonan di jalur hijau, Gubri juga menyayangkan hal tersebut, tetapi memberikan solusi dengan memindahkan pohon tua tersebut ke lokasi olahraga yang ada ditengah-tengah kota. “Mudah2an akarnya masih bisa tumbuh dan berkembang. Kita akan usahakan”.

Gubri mengharapkan kepada PTPN V agar sebagian dari 6000 pohon yang disumbang itu ada juga yang sudah berumur besar. “Kalau bisa yang diameternya sudah 30 sampai 40 cm, sehingga nantinya tahun 2012 sudah kelihatan pohon-pohon yang lumayan besar”.

Selain Gubernur Riau, hadir juga dalam acara Pencanangan Go Green ini Ketua DPRD Provinsi Riau H. Taufan Andoso Yakin, Direktur Utama PTPN V, Ketua Harian KONI Riau, beberapa kepala badan dan instansi, Ketua SPS, wartawan senior Riau H Muslim Rusli, H. Muslim Kawi, Hotman, Ridar Hendri, HIPMI, dan wartawan se-Provinsi Riau. (Tony)

 

Posting Terkait