Dibuka, Pendaftaran Darmasiswa Chevron 2012

649 views

RUMBAI (RiauInfo) – Siswa-siswi terbaik SMA/MA/SMK di Riau kembali berpeluang memperoleh bantuan dana pendidikan dari PT. Chevron Pacific Indonesia (CPI). Melalui program Darmasiswa Chevron Riau (DCR), siswa-siswi SMA/MA/SMK kelas tiga (atau kelas XII) dari 12 kabupaten/kota di Riau dapat mengikuti seleksi calon penerima bantuan dana pendidikan untuk jenjang perguruan tinggi.


Program DCR akan memilih 60 siswa-siswi terbaik yang terbagi dalam empat peringkat. Peringkat pertama (sebanyak tiga siswa) masing-masing berhak mendapatkan bantuan dana pendidikan Rp 15 juta/tahun ditambah satu unit laptop dan printer, peringkat kedua (lima siswa) masing-masing Rp 12,5 juta/tahun ditambah sebuah laptop, disusul peringkat ketiga (tujuh siswa) Rp 10 juta/tahun, serta peringkat keempat (45 siswa) masing-masing mendapatkan Rp 7,5 juta/tahun.

“Sebagai bagian dari upaya pemantauan dan evaluasi program yang berkelanjutan, pada penyelenggaraan ke-12 ini kami melakukan perbaikan mekanisme seleksi calon penerima DCR. Pada tahun ini, kami akan terlibat langsung dalam proses seleksi mulai dari tingkat kabupaten/kota dengan melaksanakan tes tertulis pada masing-masing kabupaten/kota tersebut melalui kerja sama dengan dinas pendidikan setempat,” jelas Imamul Ashuri selaku Manager Policy, Government, and Public Affairs (PGPA) PT. CPI Rumbai. Pada penyelenggaraan sebelumnya, proses seleksi calon penerima DCR dari daerah dilakukan oleh masing-masing Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.

Pada tahun ini, seleksi di tingkat kabupaten/kota akan dilaksanakan secara serentak pada pertengahan bulan Maret. Pesertanya adalah peraih peringkat umum I, II, dan III dari setiap sekolah.. Pihak sekolah dapat mendaftarkan siswa-siswinya tersebut, diutamakan yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi, ke Dinas Pendidikan di masing-masing kabupaten/kota untuk selanjutnya dikirimkan kepada Dinas Pendidikan Provinsi Riau paling lambat pada 2 Maret. Program DCR ini adalah program kemitraan antara CPI dengan Dinas Pendidikan tingkat provinsi dan kabupaten/kota.

Dari masing-masing kabupaten/kota akan meloloskan lima siswa-siswi terbaiknya untuk mengikuti seleksi final yang meliputi aptitude test, psikotes, serta wawancara di Rumbai, Pekanbaru, pada tanggal 1-3 April mendatang. “Program DCR ini telah berjalan secara konsisten selama 12 tahun. Hal ini merupakan wujud komitmen kami untuk turut serta mendukung program pemerintah di bidang pendidikan. DCR memberikan peluang dan akses kepada siswa-siswi berprestasi Riau untuk melanjutkan ke perguruan tinggi sesuai dengan minat dan bakat dan kelak kembali untuk berkiprah dalam membangun provinsi ini,” tutur Imamul.

Hingga saat ini, lebih dari 600 siswa-siswi Riau telah mendapatkan darmasiswa dan melanjutkan kuliah di berbagai perguruan tinggi terkemuka di Indonesia. Sebagian dari mereka yang telah menyelesaikan studi sekarang berkarir di berbagai perusahaan nasional maupun multinasional.(zas/rls)

Posting Terkait