Dibuka, Forum Bisnis dan Investasi Riau Expo 2009

565 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Gubernur Riau yang diwakili Asisten III Setdaprov Riau Ramli Walid membuka acara Forum Bisnis dan Investasi Riau Expo 2009. Tujuan dari acara tersebut adalah untuk memperkenalkan Riau secara dekat melalui diskusi dan membuka peluang investasi.

Hadir pada kempaten tersebut, Kepala Badan Penanaman Modal dan Promosi Daerah (BPMPD) Faisal Qomar Karim, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Riau Herlian Saleh, Dinas Pariwisata Riau Joni. Selain itu hadir juga dua konsulat Malaysia dan Singapura beserta investor, termasuk Irlandia dan Amerika Serikat.

Gubri dalam pidato tertulisnya menyampaikan berbagai potensi yang ada di Riau serta berbagai kebijakan lainnya dalam mendorong investor untuk lebih banyak lagi datang ke Riau. Karena menurut Gubri, kemajuan suatu daerah sangat ditopang dengan adanya para investor.

“Riau adalah suatu negeri yang dikenal karena potensi alamnya, diantaranya adalah minyak bumi, perkebunan dan alam. Semua itu adalah potensi-potensi yang harus dimanfaatkan untuk dikembangkan,” kata Gubri, di Hotel Arya Duta, Rabu (12/8).

Selain itu ujar Gubri lagi, Riau tidak hanya kaya akan minyak bumi, akan tetapi 3 dari produsen minyak kelapa sawit yang terbesar di dunia berlokasi di Riau. “Saya yakin, dengan semakin besarnya kebutuhan global akan bio-feul, akan memberikan keuntungan kepada Riau,” harapnya.

Riau saat ini menyimpan cadangan batubara, gas alam dan batu kapur dalam jumlah besar. Selain itu, ada juga berbagai sumber daya air yang bisa dimanfaatkan potensi pembangkit listrik, pembudidayaan ikan termasuk potensi darat lainnya.

“Berbagai potensi bisa dimanfaatkan seperti pembangunan infrastruktur jalan tol, kelistrikan dengan pemanfaatan batubara, pengembangan kawasan industri dan agribisnis seperti pabrik CPO dan industri hilir,” terangnya.(ad)

 

Posting Terkait