Di Riau, Gejala Banjir pun Mulai Datang

610 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Hujan yang merata melanda wilayah Sumatera kembali menyelamatkan pulau Andalas ini dari kobaran titik api. Hujan berintensitas ringan hingga sedang terjadi dalam rentang waktu sore, malam hingga dini hari. Di Riau, hujan malah merata melanda di seluruh daerahnya. Namun ancaman banjir mulai muncul akibat naiknya permukaan sungai Siak.

BMG Pekanbaru, Selasa (4/03) melaporkan rekaman satelit NOAA 18 hari ini kembali tidak menangkap satu titik api pun di wilayah Sumatera termasuk Riau. Sebaliknya, BMG menyatakan peluang hujan sangat tinggi akan terjadi.

Seperti saat ini, meski hujan tidak melanda kota Pekanbaru sejak pagi hingga sore ini, namun ketinggian permukaan sungai Siak telah menjalar ke anak sungai yang berada di pesisir pantai daerah pemukiman warga. Ketinggian pemukaan sungai ini dipicu oleh hujan yang tidak saja terjadi di kota Pekanbaru.

“Meski hujan tidak terjadi di Pekanbaru seperti siang ini, biasanya permukaan sungai juga naik jika hujan melanda di hulu atau hilir sungai yang berada di luar wilayah Pekanbaru,”terang Muis warga Rumbai pesisir kepada RiauInfo.

Hingga sore ini, naiknya permukaan sungai Siak masih relatif aman bagi warga Rumbai Pesisir Pekanbaru. Sehingga sejumlah warga terlihat menikmatinya dengan mandi dan memancing di anak sungai yang melintang di pemukiman mereka.(Surya)

 

Posting Terkait