DEWAN DUKUNG WACANA PEMKO BANGUN GEDUNG PARKIR “Perlu Studi Kelayakan dan Kajian Matang”

649 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Wacana Pemko Pekanbaru untuk membangun gedung parkir di jalan Sam Ratulangi sangat didukung oleh anggota DPRD Pekanbaru. Hal ini setelah melihat kepadatan kendaraan dan lokasi parkir yang minim. Badan jalan yang kerap jadi sasaran, akhirnya menimbulkan penyempitan dan kemacetan. 

Menurut Ketua Komisi IV Muhammadun Selasa (30/12) di Balai Payung Sekaki, untuk melakukan pembangunan gedung parkir bukanlah hal yang mudah.

Sebab pembangunan harus benar-benar dilakukan kajian mendalam melalui study kelayakan. Sehingga pembangunan gedung parkir tersebut benar-benar memenuhi standar baik keamanan, fasilitas yang memadai dan sebabagainya.

“Sarana pendukung seperti bagaimana pemilik kendaraan mau ketempat tujuan setelah memarkir kendaraannya di gedung tersebut, bagaimana mengatur keluar masuknya kendaraan, kapasitas, keamanan dan lain sebagainya,” jelas Muhammadun.

Sehingga, keberadaan gedung parkir tersebut, benar-benar untuk menanggulangi keberadaan kendaraan yang perkembangannya cukup pesar. Dimana, selama ini kerap menggunakan badan jalan sebagai lokasi parkir.

“Terlepas apakah gedung parkir ini dibangun oleh swasta atau pemerintah, yang pasti harus dilakukan studi kelayakan dan kajian matang. Sehingga, keberadaan gedung parkir tesebut benar-benar seperti yang kita harapkan,” harapnya.

Sebagaimana yang kita lihat sehari-hari, semakin padatnya kota Pekanbaru sangat berpengaruh dengan jalur lalu lintas. Apalagi, jika bangunan-bangunan yang berdiri megah tidak menyediakan areal parkir yang memadai, tentu yang jadi sasaran adalah badan jalan.

Hal tersebut terlihat jelas di beberapa ruas jalan yang ada di kota Pekanbaru, seperti Jalan Sudirman, Jalan Gajah Mada, Jalan Nangka, dan jalan protokol lainnya. Sehingga, kemacetanpun sering kali terjadi.

Banyak gedung-gedung di Pekanbaru yang lahan parkirnya tidak sesuai dengan jumlah kunjungan. Sehingga badan jalan banyak yang dijadikan lahan parkir. Tak perduli apakah kondisi tersebut akan membuat macet atau tidak. (muchtiar)

 

Posting Terkait