Inilah Perbedaan antara Yamaha Byson dan Vixion

Inilah Perbedaan antara Yamaha Byson dan Vixion

Seperti yang diketahui bahwa Yamaha sempat meluncurkan motor terbaik dengan nama Yamaha Byson dan juga Vixion. Hal itu dikarenakan kedua motor tersebut berada dalam kelas yang sama. Maka dari itu, terkadang konsumen dibuat bingung memilih Yamaha Byson atau Vixion.

Walaupun mengusung kelas yang sama, ternyata ada bebeberapa perbedaan antara Yamaha Byson dan Vixion. Beberapa perbedaan yang bisa kamu lihat adalah sebagai berikut.

1. Desain
Perbedaan pertama antara Yamaha Byson dan Vixion adalah desainnya. Pada Yamaha Byson memiliki desain yang kekar. Hal itu terlihat dengan bodi berotot serta penggunaan karet bundar lebar pada kedua rodanya. Ukuran ban depan motor ini adalah 100/80-17 dan belakang 130/70-17. Konsekuensi dari tampilan tersebut membuat bobotnya mencapai 133 kg. Yamaha Byson tersedia dalam tiga pilihan warna yang membalut bodi motor ini: matte red, matte brown dan matte grey.

Untuk desain Yamaha Vixion jauh lebih ramping dan bobotnya pun juga ringan. Lekukan badan motor ini juga lebih tajam. Hal tersebut menyiratkan adanya kesan agresif dan juga lebih sportif. Ukuran ban Yamaha Vixion lebih kurus dari pada Byson. Pada roda depan memiliki ukuran 90/80-17 dan belakang 120/70-17. Efeknya, motor ini lebih mudah dikendalikan sehingga asyik digunakan saat meliuk-liuk dalam kemacetan. Terkait pilihan warna, Yamaha Vixion tersedia dalam balutan matte black, matte silver dan red black.

Dalam menunjang tampilan sportifnya, pabrikan garpu tala bahkan menyediakan livery MotoGP untuk Vixion. Hanya saja, harganya lebih malah dibanding Vixion standar.

2. Fitur
Jika beralih ke sisi fitur, Yamaha Vixion jauh lebih berlimpah dibandingkan Yamaha Byson. Sebut saja sistem pencahayaan LED dan panel instrumen digital. Kedua fitur tersebut sanggup membuat tampilan Yamaha Vixion menjadi lebih modern. Selain itu, terdapat juga fitur lampu hazard dan bisa diaktifkan jika di tengah perjalanan mengalami keadaan darurat.

Dalam hal keselamatan, rem cakram juga sudah disematkan pada kedua roda Yamaha Vixion. Bahkan, Yamaha juga sudah memberikan assist & slipper clutch untuk memudahkan perpindahan gigi transmisi Vixion ketika berkendara.

Sedangkan pada Yamaha Byson justru kebalikannya, yakni sedikit fitur. Terhitung hanya ada satu fitur yang menarik bernama panel instrumen digital dengan eco indicator. Fungsinya sendiri adalah memberi informasi pada pengendara terkait cara berkendara yang hemat bahan bakar. Sementara sistem pencahayaannya belum LED dan rem cakram hanya untuk roda depan saja.

3. Mesin
Meskipun sama-sama berkapasitas 150 cc SOHC, tapi kemampuan kedua motor tersebut berbeda. Mesin Yamaha Byson hanya sanggup mengeluarkan torsi puncak sebesar 12,98 Nm pada 6.000 rpm dan tenaga maksimal 13,06 PS pada 8.000 rpm. Lalu untuk sistem transmisi manual adalah 5-percepatan.

Kemampuan jantung mekanis Yamaha Vixion jauh mengalahkan Byson. Bahkan, sanggup memuntahkan torsi puncak 14,5 Nm pada 7.500 rpm dan tenaga maksimal 16,58 PS pada 8.500 rpm. Sistem transmisinya menggunakan 5-percepatan manual. Jika ingin performa yang lebih menyenangkan, maka Yamaha Vixion tentu pilihannya. Bahkan, Yamaha menyediakan Vixion R, varian tertinggi yang mempunyai kemampuan mesin lebih hebat lagi. Sebab, dapat berbagi platform dengan R15. Pilihan ini sudah mulai ditawarkan pada konsumen, namun belum didistribusikan.

Demikian perbedaan antara Yamaha Byson dan Vixion yang cukup signifikan. Dari ulasan di atas, kita bisa tahu apakah nanti memilih Yamaha Byson atau Vixion mengingat keduanya memiliki keunggulan tersendiri. Semoga informasi tersebut memberikan manfaat.

 

 

Berita Lainnya

Index