Desa di Riau Bakal Dapat Pembangkit Listrik Tenaga Surya

687 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Untuk memenuhi kebutuhan listrik di daerah pedesaan di Riau, sejumlah desa di Riau ahun 2009 in bakal mendapatkan peralatan pembangkit listrik tenaga surya dari pemerintah pusat. Tidak kurang sebanyak 1.200 unit peralatan itu akan segera dikirim ke desa-desa. 

Selain dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi Riau juga akan memberikan bantuan peralatan serupa sebanyak 360 unit. Dengan demikian nanti jumlah pembangkit listrik tenaga surya yang akan diberikan kepada masyarakat desa berjumlah 1.560 unit.

“Dengan adanya bantuan ini diharapkan nantinya masyarakat Desa di Riau akan bisa menikmati aliran listrik, sehingga desa-desa di Riau nantinya akan terang menderang,” ujar Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Riau, H Abdul Lafiz di Pekanbaru.

Mnyinggung pemasangan peralatan tersebut, Abdul Lafiz mengatakan, pemasangannya akan dilakukan langsung oleh ousat. Untuk satu unit alat akan diperuntukkan bagi satu rumah. Jadi jika alatnya 1.560 unit, maka sebanyak 1.200 kepala keluarga akan memilikinya.

Dikatakannya, nantinya alat tersebut akan diprioritaskan kepada desa-desa yang benar-benar belum memiliki aliran listrik. “Kita akan berikan alat kini kepada masyarakat yang desanya belum memiliki aliran listrik sama sekali,” tambahnya.(ad)

 

Posting Terkait