Depag Puji Kepedulian Pemkab Bengkalis Dalam Menyelenggarakan Haji

611 views

PEKANBARU (RiauInfo) – HM Asnawi Muhammadiyah dari Direktorat Pembinaan Haji Departemen Agama (Depag) RI, dengan jujur memuji dan salut melihat kepedulian Pemkab Bengkalis yang memberikan perhatian khusus terhadap penyelenggaraan haji. Sebab menurutnya, tak ada daerah lain yang memiliki kepedulian sebagaimana yang dilakukan Pemkab Bengkalis ini.

“Setahu saya, baru Pemkab Bengkalis yang memiliki perhatian besar seperti ini. Daerah lain, selalu menyerahkan urusan penyelenggaran haji ini sepenuhnya kepada Depag. Insya Allah, apabila saya melakukan kunjungan ke tempat lain, kebijakan yang dilakukan Pemkab Bengkalis akan saya sampaikan ke daerah lain agar dapat dicontoh,” kata Asnawi.

Pengakuan Asnawi itu disampaikannya ketika memberikan sambutan saat menghadiri pembukaan Bimbingan Tekhnis (Bimtek) Pelatih Ibadah Haji, Kamis (19/5). Pembukaan Bimtek yang dileselanggarakan Bagian Kera Sekretariat Daerah Bengkalis yang dilaksanakan di ruang rapat lantai II Kantor Bupati Bengkalis itu dilakukan bupati Bengkalis H Syamurizal diwakili Sekretaris Daerah H Sulaiman Zakaria.

Dengan adanya pelatihan ini, kepada para peserta Bimtek, Sulaiman mengharapkan, agar dapat memberikan bimbingan terhadap jemaah calon haji (JCH) dengan baik, sehingga para JCH dapat menunaikan rukun Islam kelima itu dengan benar dan sesuai ketentuan syariat.

Sementara itu, selaku ketua penyelenggara, Kabag Kesra HA Halim mengatakan, tujuan Bimtek tersebut untuk lebih menyempurnakan sistem dan manajemen penyelenggaraan haji di daerah ini, sehingga dapat diselenggarakan dengan baik sesuai tuntunan agama.

“Bimtek ini merupakan salah satu upaya pembinaan yang Pemkab Bengkalis untuk meningkatan pelayanan kepada para JCH. Melalui Bimtek ini para JCH diharapkan dapat mengetahui informasi terkini tentang pelaksanaan haji dan dapat lebih siap menjadi JCH yang mandiri,” kata Halim.

Mengenai peserta Bimtek, Halim mengatakan, terdiri dari para pelatih yang selama ini memberikan bimbingan manasik haji, kepala Kantor Urusan Agama dan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH). “Jumlah peserta Bimtek sebanyak 45 orang,” terang Halim.

Sedangkan materi yang disajikan dalam Bimtek yang akan berlangsung hingga Sabtu (31/5) ini, Halim mengatakan, terdiri dari kebijakan pemerintah tentang penyelenggaraan haji dan umroh serta metode dan materi bimbingan JCH. “Kemudian, manasik haji, kebijakan teknis bimbingan JCH, ta’limatul hajj dan diskusi membentuk jemaah haji mandiri,” jelasnya.

Sedangkan nara sumber, kata Halim, selain dari Direktorat Pembina Haji Depag juga dari Kanwil Departemen Agama Provinsi Riau. Narasumber dari Direktorat Pembina Haji, selain Asnawi adalah H Ahmad Pracoyo.
”Sedangkan dari Kanwil Depag Riau yaitu H Syahrial Ali (Kabid Haji, Zakat dan Wakaf), HA Jalaluddin (Kasi Penyelenggaraan Urusan Haji dan Umroh), serta H Nasir Hasan (Kasi Binwin),” ujar Halim.(ad)



Posting Terkait