Delegasi Riau Kunjungi Cagar Biosfer Perancis

553 views

PARIS (RiauInfo) – Hari keempat digelarnya The 22nd Session of the International Coodinating Council of the Man and the Biosphere (ICC-MAB) Programme di Kantor Pusat UNESCO, Paris, sepuluh orang anggota delegasi Indonesia dan tiga staf Kedutaan Indonesia di UNESCO melakukan kunjungan ke cagar bisfer de Fountainebleau et du Gatinais, sekitar 60 km dari Paris.


Dalam delegasi Indonesia tersebut terdapat sejumlah pejabat Pemprov Riau, seperti Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah M Ramli Walid, Kepala Badan Lingkungan Hidup Fadrizal Labai, Kepala Badan Penanaman Modal dan Promosi Daerah Fasizal Qomar, dan Kepala Biro Umum Setdaprov Riau Surya Maulana.

Peserta kunjungan diterima oleh pejabat dari Kantor Kehutanan Nasional Perancis dan lembaga pengelolaannya yang menjelaskan panjang lebar tentang cagar tersebut. Cagar seluas 100.000 hektar atau terluas kedua di Perancis ini dikelola oleh sebuah lembaga yang melibatkan pemerintah, para tokoh, kalangan pendidikan dan berbakai stankeholder lainnya.

Jika dibandingkan dengan cagar biosfir Gima Siak Kecil, keanekaragaman hayati cagar ini lebih sedikit, namun yang patut menjadi perhatian adalah kesadaran dan komitmen untuk menjaga sedikit sisa kekayaan alam natural yang masih mereka miliki itu dengan sungguh-sunggh.

Pada Kamis malam, Gubri dan rombongan dari LIPI, serta wakil dari Sina Mas Group diterima pada jamuan makan malam oleh Dubes Indonesia di UNESCO dan Perwakilan Kedubes Indonesia di Perancis. Dalam pertemuan itu dibahas berbagai hal yang terkait dengan materi-materi sidang, termasuk adanya rencana pertemuan berikutnya, di Indonesia, khususnya Riau sebagai tuan rumah.

Atas itu juga dibicarakan langkah-langkah bersama ynag perlu diambil dan Gubernur Riau juga menyampaikan rumusan-rumusannya tentang pengelolaan Cagar Biosfir Giam Siak Kecil, Bukit Batu, Bengkalis.(ad)

Posting Terkait