DARI EMPAT PROVINSI Sumsel Terbanyak Karhutla di Sumatera

635 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Status Riau sebagai provinsi terbanyak mengalami kebakaran hutan dan lahan (karhutla) diambil alih oleh Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Kamis (12/03/2009) ini. Selain Riau dan Sumsel, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) dan Lampung juga tercatat menjadi korban karhutla tersebut hari ini.

Berdasar data satelit National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) 18, Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Stasiun Pekanbaru menyatakan, Provinsi Riau dan Lampung masing-masing hanya mengalami 1 titik karhutla.

Sementara, Provinsi Sumatera Barat mempunyai dua titik api. Sedangkan Perovinsi Sumatera Selatan mempunyai 16 titik. Sehingga jumlah titik api akibat kebakaran hutan dan lahan menjadi 20 titik di wilayah Pulau Sumatera hari ini.

Staf analisa Marzuki mewakili kepala BMG Pekanbaru Blucer Dologsaribu menyatakan, titik api selalu muncul saat cuaca cerah dan temperatur tinggi seperti yang dialami Riau siang ini. Provinsi lain juga mengalami cuaca yang tidak jauh beda dengan Riau siang tadi.(Surya)

Posting Terkait