Danrem 031/WB, Cabangan Bulanan Menanam di Bengkalis

670 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Komandan Komando Resort Militer (Danrem) 031/Wirabima, Kol (Inf) Syafril Mahyudin, Rabu (17/12), mencanangkan Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional di wilayah Kodim 0303. Kegiatan yang dilaksanakan bekerjasama dengan Pemkab Bengkalis itu, dipusatkan di kawasan Stadion Panglima Muhammad Ali, Desa Air Putih Bengkalis. 

Dikatakan Syafril, seluruh lapisan masyarakat, khususnya keluarga besar TNI AD di wilayah Kodim 0303, harus ambil bagian secara aktif dalam menjaga kelestarian lingkungan. Terutama untuk mengurangi dampak pemanasan global.

“Yaitu, dengan menjadikan kegiatan menanam pohon dan memelihara hutan, sebagai sikap dan budaya yang terbangun dari kesadaran diri sendiri dan diwariskan kepada generasi berikut,” kata mantan Dandim Deli Serdang, Sumatera Utara ini.

Sebagai awal pencanangan kegiatan tersebut, selain menyerahkan bibit pohon secara simbolis, pada kesempatan itu, Syafril bersama Bupati Bengkalis H Syamsurizal, Dandim 0303 Letkol (Inf) Hendrawan, Wakapolres Kompol Trunoyudo, serta sejumlah pejabat lainnya, masing-masing menanam satu batang pohon. Baik Danrem, Bupati, Dandim maupun Wakapolres, menanam pohon Mahoni yang berusia sekitar 7 bulan.

Pada bagian lain, Syafril mengatakan, seluruh anggota TNI AD di Korem 031/Wirabima, siap membantu Pemkab Bengkalis untuk menyukseskan pembangunan di daerah ini. “Kapanpun diperlukan, kami siap,” tegas Syafril.

Sementara itu, Danramil Bengkalis, Kapten (Inf) SL Harahap selaku ketua pencanangan tersebut mengatakan, kegiatan ini merupakan wujud nyata tanggungjawab dan kepedulian anggota TNI AD dalam berpartisipasi untuk mengurangi dampak pemanasan global.

“Selain untuk menjaga kelestarian lingkungan, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan arti penting keberadaan hutan bagi kesejahteraan, untuk mencegah terjadinya banjir serta bencana lainnya akibat ketiadaan hutan,” kata Harahap.

Menurut Mantan Danramil Selatpanjang ini, kegiatan ini diikuti ratusan relawan. Selain anggota TNI AD, relawan tersebut berasal dari para pelajar, Pramuka, organisasi pemuda dan organisasi perempuan yang ada di daerah ini.

“Jumlah bibit pohon yang ditanam dalam kegiatan ini berjumlah 4.000 batang yang disebar ke seluruh Koramil yang ada di Kabupaten Bengkalis. Seluruh bibit tersebut, bantuan Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Bengkalis,” kata Haharap.

Selain mencanangkan kegiatan Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional, Syafril juga menyempatkan diri meninjau lokasi yang nantinya bakal dibangun Markas Koramil Bengkalis di Jln Lembaga.

Kemudian, Syafril juga menyempatkan diri meninjau Markas Koramil Bengkalis di Jln Pahlawan yang lahannya sudah disetujui direlokasi ke Jln Lembaga tersebut. Rabu sore sekitar pukul 15.00 Wib, Syafril dan rombongan yang tiba di Bengkalis, Selasa sore (16/12), bertolak kembali ke Pekanbaru.(ad/rls)

 

Posting Terkait