DANA PEMUGARAN RP 10,3 MILYAR RAPP Serahkan Istana Sayap ke Pemkab Pelalawan

623 views
news8665PEKANBARU (RiauInfo) – Proses pembangunan kembali Istana Sayap Pelalawan yang didanai PT Riau Andalan Pulp And Paper (PT.RAPP) sejak tahun 2003 silam akhirnya dapat dirampungkan. Bangunan yang terletak di Desa Pelalawan, persis di situs sejarah Kesultanan Pelalawan (30 km dari ibukota Pangkalan Kerinci).

Ini merupakan sumbangan kebudayaan perusahaan bagi masyarakat Pelalawan guna mengenangkan kembali sejarah dan pewarisan nilai kebudayaan bagi generasi kini. Dengan rampungnya pembangunan Istana Sayap itu akhirnya PT.RAPP menyerahkan pengelolaannya kepada Pemerintah Kabupaten Pelalawan.

Penyerahan bangunan Istana Pelalawan dilakukan Direktur PT.RAPP Thomas Handoko kepada Plt. Bupati Pelalawan, H.Rustam Effendi di Kantor Bupati Pelalawan, Selasa (3/3).

Hadir pada kesempatan tersebut tokoh masyarakat Pelalawan yang juga budayawan Riau H.Tennas Efendi, Sekda Pelalawan Drs.H.Marwan Ibrahim dan pewaris Kerajaan Pelalawan H.T.Kamaruddin Haroen, Wakil Ketua DPRD Pelalawan, Ramli, FE. serta Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Olahraga Pelalawan Drs.H.T.Azwir Mustafa dan Camat Pelalawan Drs.Martias.

Sedangkan dari perusahaan bubur kertas itu hadir Direktur PT.RAPP, Thomas Handoko, Social Capital Head APRIL Indonesia Jakarta, Ketut Wirabudi, Deputy Direktur Fakhrunnas MA Jabbar dan Direktur CSR PT.RAPP, H.Amru Mahalli serta Manajer Hubungan Media, Nandik Sufaryono.

Dalam sambutan penyerahannya, Direktur PT.RAPP, Thomas Handoko mengatakan pembangunan kembali replika Istana Sayap sesungguhnya sudah rampung pada tahun 2006, namun karena beberapa kendala yang terjadi di lapangan maka baru saat inilah terwujud serah terima dengan Pemerintah Kabupaten Pelalawan.

Thomas menambahkan komiten PT.RAPP dalam membangun situs bersejarah tetap dipegang teguh dan diwujudkan sebagai sumbangan kebudayaan yang besar bagi pemerintah dan masyarakat Kabupaten Pelalawan.

“Kami berharap Istana Sayap ini dapat menjadi ikon dan kebanggan semua pihak di daerah ini. Inilah sumbangan PT.RAPP bagi kebudayaan dan masyarakat Pelalawan. Selain dapat mengenang kembali sejarah masa lalu yang penuh kejayaan, Istana Sayap ini diharapkan pula dapat mengembangkan pariwisata dan nilai budaya,” harap Thomas.

Di sela-sela kegiatan penyerahan, Deputy Direktur PT.RAPP Ir.Fakhrunnas MA Jabbar kepada wartawan menyatakan bangunan istana tersebut terletak di atas lahan seluas dua hektare yang terdiri atas bangunan istana utama didampingi dua bangunan sayap, mushalla, bangunan genset dan toilet.

Dikatakannya bangunan Istana Sayap yang disumbangkan PT.RAPP ini sangat besar maknanya bagi masyarakat Pelalawan.
“Adanya bangunan Istana Sayap ini, diharapkan dapat mengembalikan kenangan sejarah para orangtua di daerah ini tentang kejayaan masa Kesultanan Pelalawan. Di samping itu tentu diharapkan pula akan menjadi salah satu obyek wisata utama bagi Kabupaten Pelalawanb,” kata Fakhrunnas.

Lebih jauh Fakhrunnas menjelaskan pembangunan kembali Istana Sayap yang menelan biaya sekitar Rp. 10,3 Milyar memang sempat mengalami keterlambatan karena musibah banjir yang menghanyutkan tanah timbun lokasi pembangunan. Di samping itu, akses jalan darat untuk mengangkut bahan-bahan bangunan juga mengalami rusak berat sehingga sulit dilewati.

“Namun, komitmen untuk merampungkan pembangunan situs bersejarah ini tetap dipegang teguh dan diwujudkan PT.RAPP sebagai sumbangan kebudayaan yang besar maknanya bagi semua pihak,” pungkas Fakhrunnas.

Pihaknya, kata Fakhrunnas, sebenarnya telah merampungkan pembangunan Istana Sayap dan kawasan sekitar sejak akhir tahun 2006 lalu. Namun, karena kesibukan semua pihak terkait, maka proses serah terima kepada Pemkab Pelalawan baru bisa dilaksanakan hari ini.

Seluruh bangunan Istana Sayap terbuat dari kayu dan papan yang dilengkapi ukiran-ukiran khas Melayu hampir di semua bagian sisi yang ada. Bangunan Istana Sayap yang dirancang sesuai aslinya atas daya ingat tokoh masyarakat Pelalawan, T. Said Umar dan digambar oleh budayawan H. Tenas Effendy. Bangunan utama istana dicat berwarna kuning sedang banguna sayap di kiri dan kanan berwarna hijau.(ad)

 

 

Posting Terkait