Dana Pemberdayaan Desa Akan Segera Cair

PEKANBARU (RiauInfo) – Untuk mempercepat pembangunan di daerah pedesaan, Pemprov Riau telah membuat Program Pemberdayaan Desa (PPD) untuk 55 desa di Riau. Masing-masing desa akan memperoleh bantuan dana sebesar Rp500 juta.

Dalam waktu dekat ini Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pembangunan Desa (Bapemasbangdes) Riau akan segera mencairkan dana PPD tersebut. “Dalam minggu ini dana tersebut kemingkinan sudah bisa dicairkan,” ungkap Kepala Bapemasbangdes Riau HM Wardan di Pekanbaru.

Dia menyebutkan Bapemasbangdes merencanakan akan memberikan dana tersebut untuk sebanyak 110 desa. Pemberian dilakukan secara bertahap, dan untuk tahap pertama ini diberikan kepada 55 desa. Sedangkan sisanya diberikan pada tahap berikutnya.

Wardan mengatakan lagi, pemberian dana pemberdayaan desa ini sudah dilakukan sejak tahun 2005 yang lalu. Hingga tahun 2007 sudah sebanyak 496 desa di Riau telah menerima dana tersebut. Sedangkan tahun 2008 terkendala literatur.

“Dana yang diberikan ke desa-desa itu merupakan dana hibah yang nantinya akan digulirkan oleh desa kepada masyarakat miskin yang membutuhkannya,” ungkapnya. Pemberian dana ini telah berdampak sangat besar terhadap peningkatan perekonomian masyarakat di desa-desa.(ad)

 

Rizki: