Daftar Tunggu di PLN Cabang Pekanbaru Mencapai 38.000 Warga

797 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Pesatnya pembangunan yang terjadi di Riau menyebabkan kebutuhan akan listrik di daerah ini makin meningkat pula. Sayangnya PLN sebagai perusahaan penyedia listrik tidak mampu menghadapi peningkatan kebutuhan listrik itu, sehingga krisis listrik semakin parah saja terjadi.

Bahkan berdasarkan data yang diperoleh dari kantor PLN Cabang Pekanbaru Senin (17/12) diketahui saat ini daftar tunggu warga yang rumahnya memerlukan aliran listrik sudah mencapai 38.000 warga. Jumlah tersebut dari waktu ke waktu akan terus mengalami peningkatan.

Kepala PLN Cabang Pekanbaru Awaluddin Hafid kepada wartawan membenarkan angka daftar tunggu tersebut. “Kita memang mengalami kekurangan listrik, sehingga tidak semua permintaan arus listrik dari masyarakat bisa kita layani sepenuhnya,” ungkap dia.

Dikatakannya saat ini saja untuk wilayah Riau masih kekurangan arus listrik sebesar 130 MW. Untuk memenuhi kekurangan listrik tersebut terpaksa dipasok dari Sumatera Barat yang memiliki beberapa PLTA melalui jaringan interkoneksi Sumbar-Riau.

Sumber listrik yang berasal dari Riau sendiri hanya mampu menyediakan arus listrik sebesar 150 MW, masing-masing dari PLTA Kotopanjang, PLTD Teluk Lembu dan dari Riau Power. “Karena terbatasnya jumlah arus listrik yang dihasilkan Riau itu, kita terpaksa menutupi kebutuhan listrik itu dari Sumbar,” tambahnya.(Ad)

Posting Terkait