Curah Hujan Tinggi, Dua Kabupaten di Riau Dilanda Banjir 23:09 wib ad

534 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Tingginya curah hujan akhir-akhir ini membuat dua kabupaten di Riau dilanda banjir, yakni Kabupaten Rokan Hilir dan Kabupaten Rokan Hulu. Bahkan banjir di Rokan Hilir telah merendam tidak kurang 600 unit rumah dan sekitar 1.000 hektare lahan pertanian milik masyarakat. 

Untuk Rokan Hilir banjir terparah melanda Kecamatan Bangko. Disini banjir telah menggenangi tidak kurang 10 desa masing-masing Desa Paritaman, Kepenghuluan, Baganjawa Pesisir, Baganjawa, Baganhulu, Pedamaran, Baganbarat, Labuhantangga Besar, Bagantimur dan Baganpunak.

Sekretaris Kecamatan Bangko, Abdul Karim SH mengatakan, sampai saat ini belum ada warga yang terkena banjir melakukan pengungsian. Mereka masih tetap bertahan di rumah-rumah samgil berharap air akan kembali surut dalam beberapa hari ini,” ujarnya.

Menyinggung berapa hektar lahan pertanian warga di daerahnya yang telah terendam air, Abdul Karim mengatakan lebih kurang 700 hektar. Lahan pertanian itu umumnya berisi tanaman palawija yang menjadi tumpuan hidup masyarakat setempat.

Sementara itu di Rokan Hulu banjir telah melanda satu kelurahan dan dua desa di Kecamatan Rambah, masing-masing Desa Tanjung Harapan, Desa Babussalam dan Kelurahan Pasirpengaraian. Selain menggenangi rumah dan lahan pertanian, banjir juga menenggelamkan sejumlah ruas jalan.

Bahkan sebuah ruas jalan yang ada di Kelurahan Pasirpengaraian saat ini ketinggian airnya sudah mencapai sepinggang orang dewasa. Akibatnya jalan tersebut tidak bisa dilalui oleh seluruh jenis kendaraan, kecuali truk.(Ad)

 

Posting Terkait