Curah Hujan Selamatkan Riau Dari Karhutla

606 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Kebakaran hutan dan lahan di Riau dipastikan nihil sejak dua hari ini. BMG Pekanbaru melaporkan, wilayah Riau, Selasa (26/02) kembali bebas dari titik api seperti halnya kemarin. Namun di Sumatera, masih ada terdeteksi oleh satelit NOAA 18 sejumlah titik api yang menyala di tiga wilayah provinsi.

Provinsi yang masih menyala titik apinya hari ini yakni provinsi Nanggroe Aceh Darussalam terdeteksi 5 titik. Sedang dua provinsi lainnya masing-masing terbakar satu titik api yaitu provinsi Sumatera Barat dan Sumatera Utara.

Untuk saat ini, BMG Pekabaru melaporkan akan terjadi hujan di wialyah Riau umumnya. Meski dengan intensitas ringan hingga sedang, namun hujan ini diperkirakan akan merata terjadi di Riau sekitar sore hingga malam hari nanti. Dengan demikian, peluang tumbuhnya hotspot akan sangat tipis di Riau.

Namun BMG mendeteksi akan adanya pergerakan angin yang relatif kuat di Riau. Angin tersebut berkekuatan 5 hingga 30 km/jam yang bergerak dari arah Barat Laut menuju Timur Laut. Angin ini dinilai cukup kencang akibat pengaruh Jetstream yang masih terjadi 25000 m di atas permukaan bumi yang juga melewati sebahagian wilayah Riau.(Surya)

 

Posting Terkait