CUACA CERAH TERASA GERAH… Temperatur Udara Capai 36 Derjat Celsius!

527 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Cuaca cerah dan terik panas matahari tidak hentinya menyinari Kota Pekanbaru, Riau secara umum. Musim kering dalam bulan ini memuncak dengan temperatur tertinggi mencapai 36 Derjat Celsius, Minggu (24/05/2009) ini. Keadaan ini juga memuncak akibat tidak adanya peluang hujan di Riau.

Pencitraan satelit Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Pekanbaru menyatakan, tekanan rendah telah mengurangi pembentukan awan. Sehingga peluang hujan kian menipis di wilayah Pulau Sumatera, termasuk Riau.

“Pembentukan awan relatif berkurang karena adanya tekanan rendah di bagian Laut Cina Selatan. Tekanan rendah saat ini telah menyedot udara dan menganggu pembentukan awan di sejumlah bagian udara wilayah Sumatera termasuk Riau ini,”terang Kepala BMKG Pekanbaru Blucher Dologsaribu melalui staf analisa Slamet Riyadi kepada RiauInfo di Pekanbaru.

Menurut BMKG, tekanan rendah di sejumlah samudera memberikan dua dampak bagi sejumlah wilayah yang berdekatan dengannya. Sebagian wilayah lain akan mengalami musim hujan dan sebagian lainnya mengalami musim kering. Tekanan rendah di Laut Cina Selatan saat ini telah memberikan efek krisis hujan alias musim kering di wilayah Pulau Sumaetra termasuk Riau dalam bulan ini.(Surya)

Posting Terkait