CUACA CERAH TEMPERATUR 34’C… Bengkalis Jadi Daerah Tunggal Korban Karhutla

649 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Kabupaten Bengkalis menjadi daerah satu-satunya yang mengalami kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Provinsi Riau, Rabu (6/05/2009) ini. Keadaan itu relatif beruntung ditengah cuaca cerah dan temperatur tinggi di Riau sepanjang siang ini.

Berdasar data satelit National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) 18, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru melaporkan, jumlah titik api hanya satu titik di daerah Kabupaten Bengkalis hari ini.

BMKG menilai peluang hujan pada sore atau malam hari kemarin telah menyurutkan minat kebakran hutan dan lahan untuk tumbuh di Riau. Padahal, cuaca cerah dan temperatur maksimum mencapai 34 Derjat Celsius di Riau sepanjang siang ini.

Peluang hujan msih ada di Riau bagian Selatan dan Riau bagian Tengah. Namun hujan dengan intensitas ringan atau sedang, diperkirakan terjadi dalam rentang waktu malam hingga dini hari nanti. Sementara, dominan arah angin bergerak dari Selatan menuju Barat dengan kecepatan berkisar 5-25 kilometer per jam. BMKG Pekanbaru juga mendapatkan potensi angin kencang dan petir relatif kecil ditengah peluang hujan Riau malam nanti.(Surya)

 

Posting Terkait