Cuaca Buruk Hilang Redakan Ketinggian Gelombang

PEKANBARU (RiauInfo) – BMG Stasiun Pekanbaru menyatakan ketinggian gelombang mulai menurun di sejumlah perairan provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Selasa (30/12/2008) ini. Pernyataan itu menyusul gelombang hanya mencapai 2 hingga 3 meter di perairan Pulau Tujuh Natuna, Matak, Tarempa dan sekitarnya. Ketinggian itu menurun dibanding beberapa pekan lalu yang mencapai 5 meter di perairan tersebut. 

Begitu juga dengan gelombang perairan Selat Singapura, Batam dan Tanjung Pinang hanya mencapai 1 hingga 2 meter saja dibanding beberapa waktu lalu mencapai 3 meter. Keadaan itu menyusul semakin menipisnya pengaruh cuaca buruk dan tekanan rendah di Laut China Selatan yang berhadapan langsung dengan perairan Kepri.

Kepala BMG Pekanbaru Blucer Dolog Saribu melalui staf analisa Warih mengatakan kecenderungan gelombang relatif aman di sejumlah perairan Kepri juga disusul meredanya angin kencang dan hujan di wiilayah tersebut. BMG menilai keadaan gelombang akan semakin menurun menjelang peubahan musim hingga pergantian tahun mendatang.(Surya)

Rizki: