CPI Tingkatkan Pendapatan Masyarakat Sakai Lewat Kolam Ikan

638 views
news4214PEKANBARU (RiauInfo) – BPMIGAS – PT. Chevron Pacific Indonesia hari ini menyerahkan bantuan berupa 33 kolam dan 39 ribu bibit ikan kepada masyarakat Sakai. Selain itu, 1,5 ton pakan ikan juga turut serta diserahkan kepada pengelola kolam tersebut.

Serah terima bantuan yang berlangsung di kolam ikan Desa Pematang Pudu ini dihadiri oleh Kepala Dinas Perikanan Kec. Mandau Junaidi, Lurah Pematang Pudu Syafri Hs. S.Sos., dan Ketua Masyarakat Sakai Batin Selapan Abdul Karim, para pemuka masyarakat, dan masyarakat Sakai yang ikut serta dalam program beternak ikan.

CPI menggulirkan program ini setelah melihat potensi masyarakat Sakai di sekitar daerah operasi di Duri. Bantuan yang diberikan meliputi jasa pembuatan kolam, keramba, dan penyediaan bibit ikan serta pakannya. Agar lebih maksimal, CPI bekerjasama dengan Dinas Perikanan Kecamatan Mandau memberikan penyuluhan cara beternak ikan yang baik kepada peserta.

CPI berharap agar masyarakat Sakai bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk meningkatkan pendapatan mereka. Abdul Karim mengungkapkan rasa terima kasihnya atas bantuan PT. CPI, ”Bantuan yang diberikan oleh CPI ini sangat berarti bagi masyarakat kami. Mudah-mudahan bantuan ini dapat membantu meningkatkan perekonomian kami.” Hal senada disampaikan oleh Lurah Pematang Pudu.

Dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat Sakai, tidak hanya kolam ikan — CPI juga telah membina masyarakat Sakai dalam bidang pertanian, seperti bantuan penanaman cabe. Selain itu, CPI juga menggalakkan masyarakat Sakai yang berpotensi untuk ikut aktif dalam program Pengembangan Usaha Tempatan (Local Business Development atau LBD).

Dalam program LBD ini, masyarakat Sakai dibina untuk menjadi pengusaha yang mampu bersaing dengan pengusaha lainnya. Sedangkan dalam pengembangan SDM, CPI juga telah membiayai pendidikan 600 pelajar Sakai yang kurang mampu baik di Duri maupun di Minas, dari jenjang sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Diharapkan melalui upaya-upaya tersebut, kualitas dan taraf hidup masyarakat Sakai dapat bersaing di tengah masyarakat lainnya.(ad/rls)

 

Posting Terkait