CPI Serahterimakan 10 Sekolah Negeri ke Pemkab Bengkalis

659 views

PEKANBARU (RiauInfo): PT Chevron Pacific Indonesia hari ini (4 Juni 2009) menyerahterimakan 10 sekolah negeri yang beroperasi di sekitar kompleks perumahan perusahaan di Duri kepada Pemkab Bengkalis. Kesepuluh sekolah tersebut adalah SDN 01, SDN 03, SDN 04, SDN 05, SDN 06, SMPN 02, dan SMAN 01 di Kelurahan Talang Mandi, serta SDN 02, SDN 37, dan SMAN 02 di Kelurahan Gajah Sakti.

Mewakili manajemen CPI, Manager – PGPA SMO Operation Area, Edwin Abdulmuthalib secara resmi menyerahterimakan 10 sekolah tersebut kepada Bupati Bengkalis Drs. H. Syamsurizal, MM. dalam sebuah upacara sederhana di Gedung Pertemuan Widuri, Komplek Chevron Duri.

Penandatanganan berita acara serahterima disaksikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis, Upika Kecamatan Mandau, UPTD Dinas Pendidikan Kecamatan Mandau, Lurah Gajah Sakti, Lurah Talang Mandi, kepala sekolah serta komite sekolah-sekolah yang bersangkutan.

“Langkah CPI untuk melepas sekolah-sekolah ini sebenarnya dilakukan masih dalam kerangka komitmen perusahaan terhadap dunia pendidikan,” kata Edwin mengenai alasan serah terima sekolah itu.

CPI menyerahterimakan sekolah-sekolah negeri tersebut kepada pemerintah dengan harapan agar sekolah-sekolah ini dapat dikembangkan lebih optimal oleh Dinas Pendidikan, instansi pemerintah yang memang berkompeten dan jauh lebih mampu di bidang ini.

Meskipun demikian dan jika diperlukan, CPI masih tetap akan membantu menyediakan fasilitas listrik, air dan perbaikan gedung sesuai keperluan untuk memastikan kelancaran operasi sekolah. Hal ini merupakan bukti tanggung jawab moral CPI terhadap peningkatan mutu sumber daya manusia di sekitarnya.

”CPI berharap agar sekolah-sekolah ini dapat terus dipelihara, dkelola dan ditingkatkan mutunya agar membawa manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat banyak,” kata Edwin.

Komitmen CPI terhadap pengembangan masyarakat, utamanya di bidang pendidikan, telah dibuktikan sejak tahun 50-an. Pembangunan SMA Negeri I Pekanbaru pada tahun 1957, yang merupakan SMA pertama yang ada di Pekanbaru, merupakan tonggak awal program Pengembangan Masyarakat perusahaan.

Kesepuluh gedung sekolah yang diserahterimakan ini merupakan sekolah-sekolah yang dibangun Chevron dalam kurun yang berbeda beberapa tahun laludi dalam upaya memajukan dunia pendidikan untuk masyarakat sekitar wilayah operasinya.

Selain membangun gedung-gedung sekolah, program Pengembangan Masyarakat CPI di bidang pendidikan dan peningkatan SDM lainnya meliputi, antara lain, pemberian beasiswa dan bantuan biaya pendidikan bagi masyarakat kurang mampu, Darmasiswa Chevron Riau untuk para siswa beprestasi dari seluruh kabupaten/kota di Riau, pelatihan keterampilan untuk para siswa kejuruan, kerja praktek, pembimbingan skripsi, magang, pelatihan guru, beasiswa untuk dosen perguruan tinggi, bantuan laboratorium dan peralatannya, perpustakaan dan buku, serta pembangunan dan renovasi sarana sekolah.(ad/rls)

Posting Terkait