CPI Dukung Program Ketahanan Pangan Nasional

597 views
news9484PEKANBARU (RiauInfo) – CPI, bekerjasama dengan LSM Gerhana (Gerakan Ketahanan Pangan), pejabat pemerintahan setempat menandatangani MoU (Memorandum of Understanding atau Nota Kesepakatan Kerjasama) dengan Kelompok Tani di Rokan Hilir dan Rokan Hulu, Riau, mengenai bantuan pemberian sarana produksi pertanian.

Penandatanganan MoU antara CPI dengan salah satu Kelompok Tani dari Kabupaten Rokan Hilir disaksikan Tim Gerhana dilakukan di Conference Room PGPA Rumbai pada 14 Mei 2009 lalu dan dihadiri oleh Camat Bangko, Penghulu Bagan Jawa Pesisir, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Rohil.

Bantuan yang diberikan CPI untuk kelompok tani yang mengolah lahan seluas 30 ha tersebut berupa, antara lain, pupuk, bibit padi, herbisida, dan mesin perontok gabah. Bantuan yang serupa juga diberikan kepada tiga kelompok tani lainnya yang mengolah lahan seluas 102,75 hektar di Kabupaten Rokan Hulu.

Dalam pelaksanaannya, Kelompok tani bertanggung jawab atas seluruh proses pengolahan lahan, termasuk penyiapan lahan dan tenaga kerja dan hal lain yang terkait dengan pengolahan dan pemeliharaan teknis padi di sawah. Bantuan teknis dilakukan oleh Dinas Pertanian melalui pekerja penyuluh lapangan. Demi kesuksesan program tersebut, monitoring berkala akan dilakukan dari pihak CPI dan Tim Gerhana hingga panen raya.

”Dukungan CPI pada dasarnya merupakan upaya peningkatan produksi pertanian nasional khususnya di sekitar daerah operasi. Kesuksesan program ini akan menjadi ’best practice’ untuk program-program sejenis di beberapa wilayah yang belum sempat diberikan bantuan pada tahun ini,” ungkap Manager GR/CE Edwin Abdulmuthalib, dalam sambutannya saat pendandatanganan MOU dengan LSM Gerhana di Rumbai.(ad/rls)

 

Posting Terkait