Chevron Sumbangkan Darah untuk Korban Gempa Sumbar

790 views

news11239PEKANBARU (RiauInfo) – Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional yang jatuh pada 12 November 2009, PT. Chevron Pacific Indonesia (CPI) menggelar bakti sosial Donor Darah yang hasilnya akan disumbangkan untuk korban gempa Sumbar, pada Rabu, 4 November di Golden Barrel Club, Minas.

Aksi sosial ini terselenggara atas kerjasama Tim Operational Excellence/Health, Environment and Safety (OE/HES) dengan Persatuan Ibu-ibu Chevron Minas (PIICM) dan Palang Merah Indonesia (PMI) cabang Pekanbaru.

Kegiatan sosial yang ditargetkan untuk membantu korban gempa Sumbar ini, dibuka oleh Manager Reliability, Engineering, and Maintenance Erwin Kasim, usai pemaparan proses pendonoran darah yang aman dan selamat dari dr. Maulidarman mewakili Medical CPI.

Dalam sambutannya Erwin menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaannya kepada tim yang terlibat serta seluruh calon pendonor darah. ”Darah yang terkumpul merupakan bukti kepedulian kita terhadap sesama,” tutur Erwin dalam sambutan singkatnya.

Aksi sosial ”Darahmu Penolong Hidupku, Bersatu Hati Membantu Korban Gempa Sumbar September 2009” ini berhasil merangkul 152 pegawai, keluarga dan mitra kerja di Minas untuk mendaftarkan diri mendonorkan darahnya.

Dari sejumlah calon pendonor tersebut, terkumpul 139 kantong darah. Jumlah ini meningkat dibandingkan tahun lalu yang terkumpul sebanyak 118 kantong, khusus wilayah Minas saja. Sementara total sumbangan darah dari keluarga besar CPI tahun lalu adalah 514 kantong darah.

Dokter Dian, Pimpinan PMI Cabang Pekanbaru menyatakan semenjak kejadian gempa di Sumbar, PMI Pekanbaru sudah beberapa kali mengirimkan bantuan darah ke Sumbar. Di Sumbar sendiri tidak ada tempat untuk menyimpan kantong-kantong darah, sehingga darah yang terkumpul pada acara ini akan distok sementara di PMI Pekanbaru dan akan segera didistribusikan ke Sumbar kapan saja dibutuhkan.

Kegiatan kemanusiaan ini merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh setiap distrik di CPI, yaitu Rumbai, Minas, Duri dan Dumai. Untuk daerah Rumbai, kegiatan donor darah akan diselenggarakan pada 18 November 2009 di Rumbai Country Club, Rumbai.

Selain menyumbangkan darah, Chevron juga telah mengirimkan bantuan berupa sembako, obat-obatan, tenda, selimut, pakaian, kebutuhan ibu dan anak, serta peralatan sekolah senilai total Rp1,1 milyar yang berasal dari bantuan Chevron, pegawai, keluarga dan mitra kerja kepada korban gempa Sumbar.

Bantuan tersebut dikirimkan dalam tiga tahap yaitu pada tanggal 3, 10 dan 26 Oktober 2009. Chevron juga mengutus tim medisnya yang terdiri dari tiga dokter dan 12 paramedis serta satu psikolog yang diterjunkan langsung ke daerah bencana.(ad/rls)

Posting Terkait