Chevron Serahkan Bantuan 37 Kambing ke Kelompok Peternak

853 views

kambingPEKANBARU (RiauInfo) – Pagi ini, PT Chevron Pacific Indonesia (Chevron) menyerahkan bantuan 37 ekor kambing kepada kelompok peternak Menuah Nuah Banja Plajau, Desa Muara Basung, Kecamatan Pinggir, Duri. Lewat bantuan ini, Chevron juga akan memberikan pendampingan dan pelatihan pemeliharaan kambing bersama Yayasan Sahabat Cipta yang menjadi mitra pelaksana di lapangan.

Acara penyerahan bantuan ini dilaksanakan di Dusun Sialang Rimbun, Desa Muaro Basung, dan dihadiri oleh Kaur Desa Muaro Basung , Bapak, Rinaldo Da Vinci S.Sos, Ketua Batin Beringin Kecamatan Pinggir, Bapak Ridwan, Sr. GR Specialist PGPA Duri Bekasap PT CPI, Fakhri Zein dan Yayasan Sahabat Cipta,

Dalam sambutannya, Kepala Desa Muara Basung yang diwakili oleh Rinaldo Da Vinci S.Sos menyatakan rasa terimakasihnya kepada Chevron atas bantuan hewan ternak yang disampaikan hari ini.

”Kami mewakili pihak pemerintah, mengucapkan terima kasih kepada PT CPI karena telah memberikan bantuan kepada masyarakat Desa Muara Basung. Bantuan ini sangat berguna bagi masyarakat terutama untuk mendukung pemberdayaan ekonomi. Harapan kami kedepannya program ini dapat berlanjut dan menjadi sumber mata pencaharian utama bagi masyarakat setempat ” ungkap Rinaldo.

Hal serupa disampaikan oleh Ketua Kelompok Tani Menuah Nuah Banja Plajau, Desa Muara Basung, Syafrin Markay yang berharap bantuan ini bisa memberikan manfaat dan pemberdayaan bagi masyarakat.

“Kami mewakili kelompok tani mengucapkan ribuan terima kasih kepada PT. CPI yang selama ini telah banyak membantu kami khususnya masyarakat Sakai di Kecamatan Pinggir. Dengan program ini masyarakat yang sebelumnya memiliki kebiasaan berburu, sekarang dapat merubah pola mata pencahariannya menjadi peternak. Kami berharap Chevron tidak pernah bosan untuk memberikan pendidikan dan pelatihan kepada kami agar produktivitas sumber daya masyarakat dapat meningkat” ungkap Syafrin.

Pemilihan komoditas kambing dan jenis kegiatan merupakan hasil dari masukan, harapan, peluang dan kesempatan yang ada, yang bersama-sama dirumuskan oleh penerima manfaat dan mitra pelaksana, atas dukungan pemerintah setempat dan Chevron.

Sementara itu perwakilan Manager PGPA Duri Bekasap, Fakhri Zein berharap agar kelompok peternak dapat membuahkan kebiasaan yang baik di masyarakat dalam mengelola program berbasis peternakan.

“Kebiasan yang baik ini antara lain pelatihan, penguatan kapasitas, proses penggemukan dan pemeliharaan. Sehingga bantuan 37 ekor kambing tersebut dapat menjadi suatu komoditas yang memiliki nilai jual dan ekonomis tinggi, dan bisa menjadi sentra peternakan kambing di Kecamatan Pinggir,” ungkap Fakhri Zein dalam sambutannya.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program PRISMA yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pendapatan, penciptaan peluang lapangan kerja, peningkatan kondisi sumber daya alam dan lingkungan, dan peningkatan produktivitas sumber daya manusia.(rgi/ad)

Posting Terkait