Chevron Luncurkan Darmasiswa Untuk Siswa Terbaik Riau

635 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Hari ini, 19/2, pelaksanaan program Darmasiswa Chevron Riau (DCR) yang ditaja oleh BPMIGAS – PT. Chevron Pacific Indonesia (CPI) kembali akan digelar untuk yang ke-tujuh kalinya. 

Tahun ini program DCR akan diikuti oleh 55 calon penerima beasiswa dari 11 Kabupaten/Kota di wilayah Provinsi Riau. Mereka adalah siswa/i kelas 3 SLTA yang terpilih untuk mewakili Kabupaten/Kota masing-masing.

Manager Government Relations and Community Engagement Specific Areas CPI, Syaifuddin Abdullah mengatakan surat pemberitahuan kepada masing-masing Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) di Kabupaten/Kota telah diberikan, seperti tahun-tahun sebelumnya. “Kami menyerahkan wewenang sepenuhnya kepada Diknas masing-masing Kabupaten/Kota untuk menyeleksi siswa terbaik mereka untuk diikutsertakan dalam program DCR 2007 ini“, ujarnya Senin (19/2) di Pekanbaru.

Jadwal kegiatan pelaksanaaan program DCR 2007 dimulai 19 Februari 2007. Pada tanggal tersebut hingga tgl 25 Februari 2007, dilakukan penyerahan nominasi siswa sebagai calon penerima beasiswa dari masing-masing Kepala SLTA kepada Kepala Diknas Kabupaten/Kota. Pada tanggal 1 hingga 10 Maret 2007 dilakukan proses seleksi calon penerima di setiap Diknas Kabupaten/Kota.

Masing-masing Diknas akan memilih 5 calon penerima untuk dijadikan wakil dari Kabupaten/Kotanya. Diharapkan pada tanggal 12 Maret 2007 nama-nama calon penerima dari tiap Kabupaten/Kota telah diberitahukan kepada CPI. Pada 20 Maret 2007, CPI akan mengumumkan daftar nama 55 siswa calon penerima DCR di media cetak.

Diperkirakan akhir minggu ke-3 akan dilakukan proses seleksi oleh tim dari CPI berupa aptitude test, psikotes dan wawancara untuk penentuan peringkat pemenang DCR 2007.

Beasiswa terbagi pada 4 peringkat. Peringkat pertama (tiga orang) akan mendapatkan beasiswa sebesar Rp. 12.000.000/tahun ditambah satu unit komputer dan sebuah printer; peringkat kedua (lima orang) mendapat beasiswa Rp. 9.000.000/tahun ditambah satu unit komputer; peringkat ketiga (tujuh orang) mendapatkan beasiswa sebesar Rp. 7,500,000/tahun dan peringkat keempat (40 orang) mendapat beasiswa Rp. 4,500,000/tahun.

Para penerima DCR ke-7 ini akan menerima bantuan biaya pendidikan selama empat tahun penuh selama memenuhi ketentuan, antara lain harus mendapat IPK minimal 2,75 (skala 4) untuk setiap semester. Selain itu nantinya mereka masing-masing juga mendapatkan bantuan biaya wisuda sebesar Rp. 750.000,- .

Program bantuan biaya pendidikan yang telah dimulai sejak tahun 2001 ini telah memberikan darmasiswa/beasiswa kepada lebih kurang 340 orang. Saat ini beberapa diantara mereka sudah ada yang lulus dan telah bekerja. Sebagiannya lagi masih mengenyam pendidikan di berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia, seperti UI, ITB, IPB, UGM, UNRI, Politeknik Caltex Riau dan Perguruan Tinggi lainnya.

Program DCR ini merupakan wujud kepedulian CPI terhadap upaya meningkatkan kualitas SDM Riau. Diharapkan melalui program beasiswa yang telah membelanjakan dana lebih dari Rp 5 miliar sampai akhir tahun 2006 ini para alumni DCR bisa berperan untuk pembangunan Riau bumi lancang kuning tercinta.(Ad)

 

Posting Terkait