Chevron Latih Mitra Binaan Cegah dan Tanggulangi Kebakaran

885 views

news8598PEKANBARU (RiauInfo) – Bertanggung jawab dan peduli terhadap lingkungan, hari ini PT. Chevron Pacific Indonesia (CPI) gelar pelatihan pencegahan dan penanggulangan kebakaran bagi 20 pengusaha lokal mitra binaannya yang tergabung dalam program Pengembangan Usaha Tempatan (Local Business Development).

Pelatihan yang berlangsung sehari penuh ini, bertempat di Fire Station, Camp Rumbai. Team Leader Local Business Development (LBD) Prakoso Catur Putra menyampaikan bahwa pelatihan ini dimaksudkan untuk membekali rekanan binaan LBD CPI dengan pengetahuan dan keterampilan yang berkaitan dengan cara pencegahan dan penanggulangan kebakaran. 

Pelatihan ini diberikan kepada rekanan binaan LBD di setiap daerah operasi CPI, dimulai dari Rumbai, dengan maksud untuk pembekalan dan peningkatan kapasitas terkait dengan potensi kebakaran baik di wilayah kerja maupun lingkungan terdekat keluarga, atau domisili. 

Diharapkan dengan pelatihan ini para peserta (rekanan binaan) dapat mengambil manfaat memperluas wawasan dan pengetahuan yang diberikan oleh para instruktur terlatih sehingga pada gilirannya dapat mempraktekkan ketrampilannya dan menularkan ilmu pengetahuannya yang telah didapat kepada keluarga, teman dan lingkungan sekitar. 

Pelatihan serupa menurut rencana juga akan ditaja di Minas, Dumai dan Duri pada awal hingga akhir Maret. Difasilitasi oleh pelatih bersertifikat dan berpengalaman, materi yang diberikan di antaranya adalah pengenalan penyebab kebakaran, Fire Triangel – segi tiga kebakaran (tiga komponen: oksigen, panas dan bahan bakar), konduksi-konveksi-radiasi dan fenomena kebakaran, pencegahan kebakaran, sistem proteksi kebakaran, konsep dasar pemadaman hingga tugas dan tanggung jawab Fire Brigade. 

”Dengan materi-materi tersebut dan simulasi pemadaman kebakaran di lapangan, diharapkan akan dapat memberikan pengetahuan dan tuntunan untuk menyelamatkan jiwa dan harta benda serta menghilangkan rasa takut menghadapi kebakaran, meningkatkan rasa tanggung jawab dan percaya diri menghadapi situasi kebakaran”, tambah Catur lagi.

Sebelumnya CPI juga telah menggelar beragam pelatihan, di antaranya manajemen keuangan, keselamatan kerja dan lindungan lingkungan (K3) dan bidang konstruksi bagi rekanan LBD di setiap distrik. 

Program LBD merupakan komitmen CPI untuk membina dan meningkatkan kompetensi perusahaan kecil/koperasi tempatan melalui program kemitraan usaha. Tujuan utama program ini adalah membina dan mengembangkan usaha kecil tempatan yang berada di sekitar wilayah operasi CPI menjadi rekanan yang profesional, andal dan mampu bersaing dengan rekanan besar lainnya dalam proses penyediaan barang dan jasa di lingkungan CPI. 

Tercatat, sejak diluncurkan pada 2001, enam ratus pengusaha tempatan telah tergabung dalam LBD. Melalui program ini CPI turut andil membantu pemerintah mempercepat tumbuh kembang usaha dan ekonomi daerah.(ad/rls)

Posting Terkait