Chevron Kembali Gelar Donor Darah di Minas

1443 views

PEKANBARU (RiauInfo) – PT Chevron Pacific Indonesia (Chevron) kembali menggelar donor darah yang terbuka untuk seluruh karyawan Chevron dan mitra kerjanya di wilayah operasi Minas. Acara ini diselenggarakan di gedung Ex-Commissary Minas pada hari ini.

Kegiatan donor darah yang dilakukan atas kerjasama antara karyawan Chevron, Persatuan Ibu-ibu Chevron Minas dan PMI ini merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya. Di tahun 2015, kegiatan donor darah ini akan digelar sebanyak dua hingga tiga kali.

“Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Chevron beserta seluruh pegawai, keluarga dan mitra kerja yang ada di lingkungan operasi Minas khusus nya dalam rangka berbagi dan menolong sesama umat manusia yang berada di sekitar daerah operasi dan juga Riau pada umumnya,” ungkap Manager Operation and Maintenance South PT CPI, Sukamto Tamrin.

Donor darah menjadi salah satu program pilihan yang dilaksanakan oleh CPI setiap tahun, mengingat manfaat langsung yang dirasakan bagi para penerimanya. Dari data PMI Pekanbaru, setiap bulan mereka menerima 4000 kantong darah. Jika setiap kantong darah ini bisa menyelamatkan satu orang, maka dalam setahun tak kurang 48 ribu jiwa bisa diselamatkan dengan kontribusi darah para pendonor.

Di sisi lain, donor darah juga memberikan manfaat kesehatan bagi para pendonornya. Menurut American Journal of Epidemology pendonor darah aktif cenderung beresiko rendah mengalami penyakit jantung. Pendonor darah memiliki resiko 88% lebih rendah terkena serangan atau penyakit jantung. Tak hanya itu, mereka pun mengurangi resiko hingga 33% menderita penyakit kardiovaskular lainnya.

Manfaat lain yang didapat dari donor darah ini juga menurunkan resiko terkena kanker, memperbarui sel-sel darah secara rutin, hingga mencegah penuaan dini serta memperbaiki kestabilan kondisi psikologis pendonornya.

Terkait manfaat ini, Sukamto Tamrin menghimbau agar setiap karyawan mulai membiasakan diri untuk melakukan donor darah secara teratur. “Bagi, yang belum pernah melakukan donor darah, silakan coba dan insya Allah anda akan merasakan manfaat nya secara langsung,” pungkas Sukamto.

Pada bulan November 2014 di Rumbai, Chevron berhasil menghimpun 300 kantong darah untuk disumbangkan kepada PMI Pekanbaru. Sementara dari catatan PMI Dumai, Chevron juga tercatat sebagai penyumbang darah terbesar untuk wilayah Duri dan Dumai setiap tahunnya. Pada Februari 2015 lalu, berhasil terkumpul 240 kantong dari pegawai Chevron di Duri.

chevron donor donor darah

Posting Terkait