Chevron – JHPIEGO Perkuat Program Menuju Desa Siaga KIA

MINAS (RiauInfo) – Menyusul telah terbangunnya fondasi bagi revitalisasi desa siaga di Minas tahun lalu, tahun ini PT. Chevron Pacific Indonesia (PT. CPI), Dinas Kesehatan Kabupaten Siak dan lembaga nonprofit internasional JHPIEGO, kembali melanjutkan program penguatan menuju terciptanya Desa Siaga Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) di Kecamatan Minas.

Program penguatan, sebagai bentuk kesinambungan program 2011, untuk tahun ini diawali dengan Pelatihan Komunikasi Interpersonal dan Konseling (KIP/K). Para tenaga kesehatan lokal dan kader dari masyarakat di Minas mendapatkan serangkaian pelatihan secara bertahap guna meningkatkan kemampuan mereka dalam menangani masalah kesehatan ibu dan anak.

Kegiatan ini berlangsung di Aula Puskesmas Minas selama lima hari, 5-9 Maret 2012, dengan diikuti oleh 25 orang. Mereka berasal dari Dinas Kesehatan Kabupaten Siak, Puskesmas Minas, dan para bidan dari lima desa di Kecamatan Minas. Para peserta dilatih oleh tim dari Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Jawa Barat dan Pusat Pelatihan Klinik Sekunder-Kesehatan Reproduksi (P2KS-KR) Provinsi Riau.

’’Dengan kehadiran perwakilan dari Dinas Kesehatan untuk menjadi peserta, kami berharap pelatihan semacam ini dapat diadopsi oleh pemerintah Kabupaten Siak untuk Kecamatan-kecamatan lain yang ada di Siak dalam meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, sehingga manfaatnya dapat dirasakan masyarakat secara luas,’’ ujar Luthfianto, salah seorang officer dari JHPIEGO.

JHPIEGO selaku mitra pelaksana program ini memang menjadikan bidan yang ada di tiap desa sebagai sasaran, sehingga keterbatasan kapasitas tenaga medis bisa teratasi dan menekan risiko kematian dalam proses persalinan. Pendanaan program ini berasal dari Chevron Corporation senilai sekitar US$ 120 ribu dan bersifat non cost recovery. Selain itu, Dinas Kesehatan Kabupaten Siak dan JHPIEGO juga akan memberikan kontribusi bagi program ini.

’’Program PT. CPI ini merupakan wujud partisipasi perusahaan dalam pencapaian Millenium Development Goals (MDGs), khususnya terkait Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), yang telah dicanangkan pemerintah. Kami ingin mendorong revitalisasi Desa Siaga KIA di Kecamatan Minas sehingga dapat menurunkan angka kematian bayi dan ibu melahirkan,’’ kata Suyanto selaku Team Manager PGPA PT. CPI Minas.

Dalam pertemuan terpisah (acara pelantikan Kader Desa Siaga Lancang kuning Kecamatan Minas), Bupati Siak Drs. H. Syamsuar, MSi menyarankan kepada perusahaan-perusahaan lain yang ada di Kabupaten Siak agar dapat mengikuti langkah-langkah yang dilakukan oleh PT. CPI untuk menciptakan Kabupaten Siak menjadi Kabupaten Sehat

Pelatihan KIP/K dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan bidan dalam menerapkan komunikasi interpersonal atau konseling di dalam upaya memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat. Bidan, pada umumnya, lebih sering berperan sebagai pembawa pesan kepada klien, baik dalam hal rujukan, anjuran atau hal-hal yang seharusnya dilakukan klien agar kesehatannya terjamin. Bidan harus memahami dengan benar, baik itu verbal maupun non verbal, permasalahan kliennya agar dapat memberikan anjuran yang tepat.

Tidak hanya Pelatihan KIP/K, PT. CPI dan JHPIEGO rencananya akan menyelenggarakan serangkaian pelatihan pada tahun 2012 ini. Di antaranya adalah pelatihan Pelayananan Obstetri Neonatal Emergency Dasar (PONED) yaitu pelayanan untuk penanganan kasus-kasus kegawatdaruratan obstetrik dan neonatal yang meliputi ibu hamil, ibu bersalin maupun nifas dengan komplikasi obstetri yang mengancam ibu maupun janinnya.

Selain itu, pelatihan manajemen terpadu Balita sakit (MTBS), penguatan hubungan bidan dan dukun bayi juga akan dilaksanakan di Kecamatan Minas untuk menurunkan angka kematian bayi dan ibu melahirkan serta terus menerapkan monitoring dan evaluasi untuk penguatan hasil dari pelatihan-pelatihan yang sudah dilakukan tahun lalu dengan Manajemnen Standard Dasar dan Penghargaan (SBMR/Standard Base Management and Recognition).(zas/rls)

Rizki: