Chevron Gelar Pelatihan Wartawan

597 views

PEKANBARU (RiauInfo): Tak kurang dari 90 wartawan dan redaktur dari lebih dari 40 media cetak dan elektornik di Riau hari ini mengikuti pelatihan dua hari yang digelar oleh BPMigas – PT Chevron Pacific Indonesia (CPI). Kegiatan yang digelar di Hotel Pangeran, Pekanbaru, ini bertujuan untuk membantu meningkatkan profesionalisme insan pers di Riau agar lebih andal.

“Media memiliki peran yang sangat penting untuk menciptakan masyarakat madani yang maju dan kritis,” kata Manager Policy, Government & Public Affairs – Sumatra, Djati Sussetya, dalam sambutan pembukaan. ”Oleh karena itu, kami berharap agar para peserta dapat mengambil manfaat yang sebesar-besarnya dengan berpartisipasi aktif dalam pelatihan ini,” lanjutnya.

Pelatihan dua hari di Pekanbaru ini terbagi dalam 2 kelompok: kelas reporter dan kelas redaktur. Kelas reporter menyajikan materi tentang jurnalistik secara umum, kode etik dan dasar-dasar fotografi. Sedangkan kelas redaktur mengupas tentang tren baru dunia jurnalistik, yaitu jurnalistik sastrawi dan jurnalistik kontekstual.

Untuk membawakan materi itu, CPI bekerjasama dengan Tim P3ISIP UI yang menurunkan 4 orang pembicara: Prof. Dr. Budyatna, MA, Dwi Urip Premono, SIK,MA, Endang Mariani, SIA, Msi., Dr. Wahyu Wibowo, dan Irawan Saptono, SH. Selain itu, wartawan senior dan sekaligus budayawan Arswendo Atmowiloto akan mengisi acara hari kedua kelas redaktur dengan diskusi tentang jurnalistik sastrawi.

Acara ini akan diakhiri dengan Ngobrol Bareng Arswendo Atmowiloto yang memberikan kiat untuk menjadi wartawan plus-plus, yaitu wartawan yang tidak hanya andal menulis berita tetapi juga terampil menulis buku, novel dll. Acara yang dipandu oleh budayawan dan mantan wartawan Riau, Fachrunnas MA Jabbar, ini diikuti oleh seluruh peserta pelatihan dan para tokoh pers di Riau.(ad)

Posting Terkait