Chevron Gelar Layar Tancap di Petapahan

831 views

PEKANBARU (RiauInfo) – PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) kembali mengadakan pertunjukan layar tancap di daerah Petapahan, Kabupaten Kampar, akhir minggu ini. Kegiatan ini merupakan bagian dari serangkaian program kampanye keselamatan bagi masyarakat di sekitar operasi.


Minggu malam ini, pertunjukan akan digelar untuk masyarakat di Desa Suka Ramai di Kecamatan Tapung Hulu, Kabupaten Kampar, setelah sukses dengan acara serupa di Desa Tanjung Sawit, Petapahan, Kecamatan Tapung malam sebelumnya.

Dalam sambutannya, Sabtu malam lalu, Camat Tapung yang diwakili Sekcam Rahmat, S. Sos, menyampaikan ucapan terima kasihnya atas dukungan CPI terhadap pengembangan masyarakat Petapahan. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya bantuan CPI bagi masyarakat Tapung di bidang kesehatan, pendidikan serta peningkatan ekonomi. “CPI bahkan pernah memberikan bantuan berupa peralatan dan pelatihan bagi pengusaha tahu dan tempe di desa ini,” tambah Sekcam.

Sekitar 300 orang dari Desa Tanjung Sawit memadati lapangan sepak bola di belakang kantor kepala desa. Acara ini juga dihadiri oleh Kepala Desa Tanjung Sawit Ir. Yanuardi, serta Eko Januardi Team Leader Production Kotabatak Petapahan Area yang mewakili manajemen CPI.

Dalam program yang diluncurkan pada Januari 2010 ini, CPI mengkampanyekan pesan-pesan keselamatan, diantaranya tentang batas aman mendirikan bangunan di sekitar fasilitas perusahaan dan cara mengemudi dengan selamat di jalan raya.

Pesan keselamatan ini dikemas dalam klip-klip video yang singkat, menarik, dan mudah dipahami oleh masyarakat. Dalam salah satu klip itu, CPI menerangkan pentingnya mematuhi batas aman mendirikan bangunan demi keselamatan bersama yaitu 29 meter dari as jalan ke arah pipa, 41 meter dari as jalan ke arah tiang listrik, dan radius 50 meter dari titik sumur minyak. Untuk menguji pemahaman masyarakat, panitia mengadakan kuis berhadiah seputar pesan-pesan keselamatan tersebut. Acara diakhiri dengan pemutaran film populer, Laskar Pelangi, yang sangat digemari masyakat.

“Kami mengadakan kampanye keselamatan ini karena kami sangat peduli pada keselamatan masyarakat di sekitar kami,” kata Eko Januardi Team Leader Production Kotabatak Petapahan Area. “Hal ini merupakan bukti falsafah CPI untuk tumbuh berkembang bersama masyarakat,” ungkap dia.

Ia juga menghimbau agar masyarakat ikut bekerja sama menjaga seluruh fasilitas CPI yang merupakan aset negara. “CPI adalah operator yang diberi kepercayaan untuk mengelola dan menjaga aset negara ini,” terangnya.(ad)

Posting Terkait