Chevron Dukung Program Aksi Kemitraan Keselamatan Jalan

568 views
PEKANBARU (RiauInfo) – PT Chevron Pacific Indonesia mendukung program Aksi Kemitraan Keselamatan Jalan Raya (Road Safety Partnership Action atau RSPA) yang dilaksanakan oleh Direktorat Lalu Lintas Polda Riau (Dirlantas). Selain Chevron, Dirlantas juga menggandeng Dinas Perhubungan Provinsi Riau, Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Riau serta Fakultas Tehnik Universitas Islam Riau. Tahap awal dari program RSPA ini adalah survey di lokasi-lokasi rawan kecelakaan lalu lintas di 11 kabupaten/kota di Provinsi Riau. Survey akan dilaksanakan pada akhir Mei hingga awal Juni 2012.

Simulasi survey yang dilaksanakan hari ini di komplek Chevron Rumbai dan Minas dihadiri sekitar 90 personil dari beberapa instansi tersebut. Chevron merupakan sponsor tunggal program RSPA tahap pertama ini. “Permasalahan keselamatan di jalan raya tidak dapat ditanggulangi sendiri. Perlu kerja sama berbagai instansi terkait dan masyarakat. Sebaiknya dilaksanakan secara terus menerus. Kami sangat mendukung program keselamatan ini karena sesuai dengan visi dan nilai Chevron yang menyatakan bahwa Safety is Number One,” tutur Usman Slamet General Manager Policy Government & Public Affairs Sumatra.

Program ini merupakan tindak lanjut dari Dekade Aksi Keselamatan Jalan Raya 2011-2020 Direktorat Lalu Lintas Polda Riau dengan mengajak instansi yang terkait untuk bekerja sama memecahkan masalah lalu lintas di Provinsi Riau. Program yang akan berlangsung pada 2012 – 2013 ini akan diprioritaskan pada pembangunan desain keselamatan jalan bagi para pengguna jalan raya untuk mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (kamseltibcarlantas) di Provinsi Riau.

Beberapa tahap kegiatan yang akan dilaksanakan pada RSPA:

· Tahap I adalah survey lokasi black spot yaitu daerah rawan kecelakaan lalu lintas didasarkan pada analisa dan evaluasi kejadian kecelakaan lalu lintas pada periode tertentu. Hasil survei ini akan disusun buku panduan RSPA yang kemudian diserahkan kepada para pemangku kepentingan masalah lalu lintas di tingkat kabupaten/kota se-provinsi Riau. Para pemangku kepentingan ini kemudian akan membuat desain kawasan RSPA dengan berpedoman pada Buku Panduan yang telah disusun oleh Tim RSPA Provinsi Riau.

· Tahap II adalah launching RSPA dan penyerahan buku panduan RSPA kepada pemangku kepentingan lalu lintas di tingkat Kabupaten/ Kota se-Provinsi Riau. Launching buku panduan direncanakan bersamaan dengan Forum Rapat Tahunan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Provinsi Riau).

· Tahap III adalah tahap penilaian kawasan RSPA di seluruh kabupaten/kota di provinsi Riau yang akan dilaksanakan 2 kali (setiap 6 bulan) dan pemberian penghargaan berupa pembangunan kawasan RSPA kepada kabupaten/kota yang mendapatkan nilai terbaik.

Program ini merupakan kelanjutan dari program Kemitraan Keselamatan di Jalan Raya yang di taja oleh Dirlantas dan Satlantas Polresta tahun 2011 di Pekanbaru. Dalam program tahun lalu, Chevron juga memberikan dukunganya bersama-sama dengan beberapa perusahaan yang mempunyai kepedulian yang sama di bidang keselamatan di jalan raya. Dalamprogram tahun 2011, sebanyak 1000 pengemudi bis dan truk mendapat pelatihan mengemudi dengan selamat dan 11 sekol

Posting Terkait