Chevron Berpartisipasi di Latihan Marpolex 2014

736 views

marpolex2

DUMAI (RiauInfo) – SKK Migas-PT Chevron Pacific Indonesia (Chevron) berpartisipasi dalam Pelatihan Marine Pollution Exercise (Marpolex) 2014, yang digelar selama 3 hari berturut-turut sejak 18 – 20 Juni 2014, di Kawasan Industri Dumai (KID). Marpolex adalah sebuah pelatihan rutin yang digelar oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dan berbagai mitra kerja di berbagai wilayah yang dinilai memiliki resiko tinggi terjadi polusi di kawasan perairan akibat aktivitas ekonomi dalam skala besar yang berjalan.

Marpolex 2014 dibuka dengan pelaksanaan upacara bendera di Pelabuhan KID, dengan dihadiri oleh Ditjen Perhubungan Laut, Basarnas, TNI, Polri, Pemerintah Kota Dumai, PT Pertamina, PT Pelindo, dan lainnya. Dilanjutkan dengan prosesi pelepasan balon udara oleh Dirjen Perhubungan Laut – Capt. Bobby R dan Walikota Dumai – Khairul Anwar di atas Perairan Dumai.

Pelatihan Marpolex ini memiliki makna yang sangat penting, terutama untuk negara maritim seperti Indonesia yang memiliki wilayah lautan sangat dominan. Marpolex dilakukan dengan tujuan mencegah kerusakan lingkungan di perairan melalui operasi pengamatan, operasi pengamanan, operasi pemadaman kebakaran, operasi penanggulangan tumpahan minyak, hingga operasi recovery dan perhitungan kerugian.

Mengingat besarnya keterkaitan Chevron dengan kawasan pesisir Dumai ini, maka perusahaan minyak terbesar di tanah air ini aktif terlibat dalam pelaksanaan Marpolex 2014 ini. Dalam ajang ini, Chevron menjadi salah satu mitra pelaksana Marpolex di Kawasan Industri Dumai bersama Kesayahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Dumai.

Keterlibatan aktif ini, seiring dengan target Operational Exellence yang dianut oleh Chevron, yang menekankan pentingnya keselamatan dalam setiap lini operasinya, serta salah satu poin penting dalam The Chevron Way, yaitu Melindungi Manusia dan Lingkungan Sekitar maka Marpolex menjadi salah satu bagian dalam mencapai Operational Excellence tersebut.

Manager Communications SMO, Tiva Permata menjelaskan bahwa sejalan dengan apa yang telah diungkapkan Walikota Dumai, Khairul Anwar mengenai dukungan perlindungan lingkungan terutama Perairan Dumai, Chevron memprioritaskan perlindungan kepada manusia dan lingkungan.

“Melindungi manusia dan lingkungan adalah prioritas tertinggi Chevron. Kami mengikutsertakan tim Marine Environmental Protection (MEP) – yang bertugas melakukan oil spill response sesuai dengan prosedur yang ada – dalam Marpolex 2014,” terang Tiva.

Chevron sebagai salah satu pemain kunci dalam Marpolex 2014 berupaya melakukan sinergi melalui acara ini, karena sejalan dengan nilai-nilai yang dianut oleh perusahaan ini untuk menjaga tidak hanya manusianya namun juga semua mahluk yang ada di dalam habitat tersebut.

Tiva menjelaskan dalam Marpolex 2014, Chevron menyediakan perlengkapan penanggulangan tumpahan minyak seperti oil boom, skimmer, dispersant, dan 4 buah kapal boat yang akan dipergunakan dalam simulasi penanggulangan tumpahan minyak di hari kedua Marpolex, yaitu 19 Juni 2014.(ad/rls)

Posting Terkait