Chevron Bantu Petani Jagung di Duri

853 views

PEKANBARU (RiauInfo) — PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) hari ini menyerahterimakan bantuan pertanian untuk Kelompok Tani (KT) Tunas Harapan, Kelurahan Balairaja, Kecamatan Pinggir, Kabupaten Bengkalis.

Bantuan CPI yang mencakup bibit tanaman jagung, pupuk, herbisida, insektisida dan fungisida diserahkan secara simbolis oleh Manager GR/CE Operation Areas CPI Edwin Abdulmuthalib kepada wakil KT Tunas Harapan.

Penanaman jagung perdana secara simbolis dilakukan oleh Sekda
Bengkalis H. Sulaiman Dipl. PS bersama-sama dengan Kadis Pertanian Kabupaten Bengkalis Ir. Herlian, MSi; Camat Pinggir Alfi Mukhdor AP MSi, Camat Mandau Djoko Edy Imhar, SSos. MSi, Danramil Pinggir Kapten Arh. Sudiyono, Kepala UPTD Pertanian Pinggir Yutar Riza, Lurah Balairaja Samuji, serta perwakilan Tim Gerhana (Gerakan Ketahanan Pangan Nasional) Pekanbaru Herman.

KT Tunas Harapan yang memiliki sekitar 80 anggota itu akan melakukan penanaman jagung hibrida di lahan seluas 50 hektare yang berlokasi di Kelurahan Balairaja. Sejalan dengan program peningkatan ketahanan pangan nasional, pengembangan tanaman jagung hibrida di Balairaja ini bertujuan untuk memanfaatkan potensi lahan yang ada dan, pada akhirnya, meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dalam pelaksanaannya, kelompok tani bertanggung jawab atas seluruh proses pengolahan lahan, termasuk penyiapan lahan dan hal-hal lainnya yang terkait dengan pengelolaan dan pemeliharaan teknis tanaman di ladang.

Bantuan teknis dilakukan oleh Dinas Pertanian melalui pekerja penyuluh lapangan. Demi kesuksesan program tersebut, monitoring berkala akan dilakukan dari pihak CPI dan Tim Gerhana hingga panen tiba.

Acara ini merupakan bagian dari Program Pengembangan Masyarakat CPI di bidang peningkatan pendapatan dan sekaligus ketahanan pangan yang juga telah dilaksanakan di kabupaten Rokan Hulu dan Rokan Hilir.(ad/rls)

Posting Terkait