Chevron Atasi Kebocoran Pipa di Bangko Pusako

653 views

DURI (RiauInfo) – Pada 5 Februari 2013 sekitar pukul 10.00 WIB, PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) mendapatkan laporan adanya tumpahan minyak mentah di dekat salah satu pipa CPI yang berlokasi di depan kantor kepala desa Pematang Ibul di jalan raya Bangko – Dumai kecamatan Bangko Pusako kebupaten Rokan Hilir.

CPI segera menyatakan kondisi darurat operasi dan segera menurunkan tim ke lokasi untuk melakukan langkah-langkah yang diperlukan terutama untuk mengatasi dampak kecelakaan ini kepada masyarakat sekitar serta untuk menghentikan tumpahan minyak, memperbaiki pipa yang pecah dan pembersihan lokasi kejadian.

Prioritas utama CPI adalah memastikan keselamatan masyarakat yang tinggal di sekitar lokasi kejadian pipa pecah. “Segera setelah kejadian, PT CPI membawa 7 (tujuh) orang penduduk yang terkena siraman minyak mentah ke klinik PT CPI untuk mendapatkan perawatan yang diperlukan,” ungkap Usman Slamet General Manager PGPA Sumatra.

Kepastian penyebab kejadian dan volume minyak mentah yang tumpah masih dalam tahap penyelidikan. CPI merasa prihatin dengan kejadian kecelakaan pipa pecah ini dan akan bertanggung jawab penuh atas musibah yang terjadi.

CPI secara rutin melakukan inspeksi dan perawatan jaringan pipa, di antaranya pengecekan melalui sistem pigging untuk membersihkan dan mendeteksi ketebalan pipa, memasang selubung di titik-titik yang penting, dan program penggantian pipa. CPI menghimbau semua pihak agar tidak mendirikan bangunan atau berkegiatan di dalam batas (clearing limit) fasilitas perusahaan demi keselamatan bersama dan kemudahan perusahaan melakukan perawatan maupun perbaikan fasilitas.(ad/rls)

Posting Terkait